Tips Mengajarkan Kreativitas Pada Anak

Tips Mengajarkan Kreativitas Pada Anak. Kreativitas anak sangat erat hubungannya dengan bagaimana lingkungannya memperlakukan anak-anak itu.  Semakin bagus orang-orang yang ada di lingkungannya memperlakukan mereka, baik dari sisi ucapan, sikap atau perbuatan, maka sang anak juga semakin cepat dalam mendewasakan dirinya. Begitu juga berlaku sebaliknya. Karena itu, komunikasi mempunyai peranan yang luar biasa dalam membangun kreativitas anak.

Berikut berbagai tips agar anak-anak kreatif.

  1. Memberi kesempatan

Kebebasan artinya kita memberikan kepercayaan kepada anak-anak untuk melakukan berbagai aktivitas sesuai dengan kehendaknya sendiri. Orang tua hanya memberikan fasilitas, sekaligus pengawasan dan keamanan agar mereka dalam keadaan selamat. Anak bertindak atas kehendaknya sendiri bukan karena orang lain dan tidak bergantung pada orang lain. Orang tua dan siapapun yang berinteraksi dengan mereka perlu memberikan pancingan kepada anak-anak agar mereka terbangkitkan untuk mengejar prestasi, tekun dan terencana dalam mewujudkan harapannya.

2. Hargai Inisiatif anak

anak-anak mempunyai inisiatif yang tidak terbatas. Biasanya mereka mengawali dari benda-benda yang ada di sekitarnya. Biarlah mereka mempunyai inisiatif sendiri dalam memperlakukan benda-benda itu. Anak mampu berpikir dan bertindak secara original, kreatif dan penuh inisiatif. Yang penting adalah anak-anak jangan banyak dilarang jika sedang bereksplorasi. Khususnya dalam berbagai aktivitas harian yang kadang kita terlalu sayang, lalu banyak membantu. Inilah awal dari anak-anak akan terhambat motoriknya jika kita selalu membantunya.

Peran Orang Tua Sangat menentukan.

Anak mempunyai rasa percaya terhadap kemampuan diri sendiri, menerima dirinya dan memperoleh kepuasan dari usahanya. Tugas ortu dan gurunya adalah memberikan keleluasaan kepada anak-anak agar mereka mencobanya sendiri. Anak mempunyai rasa percaya terhadap kemampuan diri sendiri, menerima dirinya dan memperoleh kepuasan dari usahanya.

Pembentukan karakter anak menjadi sosok yang baik, tangguh, mandiri, dan bertanggung jawab, dapat orang tua upayakan sejak usia dini. Orang tua memegang peranan penting dalam mengondisikan agar anak berada dalam lingkungan yang mendukung tumbuh kembang karakternya. Dalam kesempatan ini, kita akan mengulas peran orang tua dalam pembentukan karakter anak dan hal-hal apa yang dapat mendukung tumbuh kembang karakter anak yang optimal sehingga anak dapat menjadi pribadi yang baik sesuai dengan kapasitas dirinya masing-masing.

Tinggalkan komentar