√ Teks Deskripsi | Pengertian, Struktur, & Contoh [LENGKAP]

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu materi tentang teks deskripsi. Setelah kemarin kita bahas mengenai teks laporan percobaan.

Teks deskripsi ini adalah salah satu dari sekian banyak teks. Teks deskripsi tidak hanya terdapat pada materi bahasa indonesia. Bahasa inggris juga terdapat tentang materi teks tersebut.

Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi ini? Apa fungsi dan tujuannya?

Berikut akan kami sampaikan tentang pengertian, atau definisi, kaidah kebahasaan, dan Struktur teks tersebut.

Baca sampai selesai ya..

 

Pengertian Teks Deskripsi

Apa itu teks Deskripsi? Teks deskripsi berasal dari kata deskripsi. Deskripsi adalah satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.

Jadi, Teks Deskripsi adalah teks yang berisi tentang penggambaran sesuatu yang tengah dibahas dalam teks tersebut.

 

Tujuan Teks Deskripsi

Apa fungsi dan tujuan teks deskripsi? Tujuan teks deskripsi adalah agar orang yang membaca teks ini seolah-olah sedang merasakan langsung apa yang sedang dijelaskan dan digambarkan dalam teks tersebut.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut adalah kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan teks deskripsi:

  1. Bersifat deskriptif. Yaitu menggambarkan, melukiskan, atau mengilustrasikan suatu objek yang dibahas.
  2. Menjelaskan ciri-ciri objek. Secara fisik seperti ukuran, bentuk, warna, bau, tekstur, atau secara psikis/keadaan objek secara rinci.
  3. Objek yang dijelaskan dalam teks deskripsi sangatlah jelas dan rinci serta mengikutkan kesan indra (penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dan perabaan).
  4. Ketika seseorang membaca teks deskripsi seakan-akan merasakan langsung objek yang dibahas pada teks tersebut.
  5. Isi teks deskripsi memerinci atau mengonkretkan objek.
  6. Penggambaran dan penjelasan objek menjadi topik utama pada teks dan dituliskan secara detail.
  7. Menggunakan frasa/ gabungan kata yang memiliki makna kata sifat atau pun keadaan.
  8. Memunculkan kata ganti objek yang tengah dibahas.

 

Struktur Teks Deskripsi

Apa saja struktur teks deskripsi? Berikut adalah struktur teks deskripsi :

  1. Identifikasi : Identifikasi berasal dari kata identify yang artinya meneliti, menelaah. Bertujuan untuk mengetahui masalah dan berbagai kebutuhan. Agar nantinya dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pembaca.
  2. Klasifikasi : Berasal dari keta classification. Yaitu sebuah metode untuk menyusun data secara sistematis atau menurut beberapa kaidah yang telah ditetapkan.
  3. Deskripsi Bagian : Berisikan pemaparan dan penggambaran secara terperinci dan detail mengenai objek.

 

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

  • Teks Deskripsi Subjektif : Yaitu pemaparan atau penggambaran objek sesuai dengan kesan atau pengalaman seseorang (penulis)
  • Teks Deskripsi Objektif : Yaitu teks yang memaparkan atau menggambarkan objek sesuai dengan keadaan sebenarnya. Tanpa adanya rekayasa atau opini dari penulis teks tersebut.
  • Teks Deskripsi Spatial : Yaitu teks yang memaparkan atau menggambarkan tentang objek yang berupa tempat, ruang atau benda.

 

Cara Membuat Teks Deskripsi

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat teks deskripsi :

1. Menentukan Topik : Topik utama merupakan subject utama bacaan, tentang apa bacaan yang kita buat nantinya. Topik berisi tentang inti isi tulisan atau judul tulisan atau biasa disebut dengan Topic noun atau topik pembahasan.

2. Menyusun Judul Karangan : Judul adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca. Namun, umumnya adalah hal terakhir yang dituliskan oleh penulis. Untuk kalian yang dapat menyusun judul di awal pembuatan teks, tentu tidak masalah selagi judul dapat maksimal dan sesuai dengan isi teks.

3. Menyusun Kerangka Karangan : Kenapa harus membuat kerangka karangan? Karena, dengan membuat kerangka karangan akan membuat tulisan yang kita buat menjadi lebih sistematis dan tidak keluar dari ide awal.

4. Mengumpulkan bahan dan data : Dengan adanya bahan dan data, kita akan dapat dengan mudah untuk menyusun serta membuat tulisan nantinya. Selain memudahkan, data dan bahan yang kita kumpulkan akan menjadi pedoman dan referensi dari apa yang kita tulis.

5. Mengembangkan Rangka karangan : Jika telah mendapatkan tema, judul, topik, buatlah karangan yang utuh dengan cara mengembangkan kerangka karangan yang telah dibuat. Perluas topik-topik yang telah ditentukan, tanpa membahas topik yang tidak ada dalam kerangka karangan.

6. Mengakhiri dan menyimpulkan tulisan : Akhir yang baik dari tulisan biasanya bergaya pamit dan berkesimpulan. Seperti, jadi, maka, demikian, dan lain-lain.

7. Menyempurnakan Karangan : Yaitu mengoreksi dan finishing sebagai penyempurnaan karangan.

 

Contoh

berikut adalah beberapa contoh teks deskripsi singkat dan panjang dari berbagai tema.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

gambar kartun paus hd

Paus

Hewan ini adalah penghuni terbesar dilautan. Beratnya lebih dari 150.000 kg atau setara dengan berat 25 atau 30 ekor gajah.

Banyak orang menyebut hewan ini dengan sebutan Ikan Paus. Padahal hewab ini adalah hewan mamalia. Hewan ini satu satunya mamalia dilautan, karena hewan ini melahirkan dan menyusui anaknya.

Hewan ini bernafas menggunakan paru-paru, ia harus mengirup nafas dahulu saat dipermukaan dan menyimpannya saat didalam laut, ia dapat tetap berada didalam laut selama kurang lebih 15-20 menit tanpa bernafas, dan kan naik kepermukaan air untuk menghirup udara sekaligus melepaskan udara dari paru-parunya.

Karena udara ini mengandung uap air dan suhunya lebih panas dari udara luar sehingga pada saat di permukaan hewan ini menyemburkan uap air dari lubang diatas kepalanya (hidungnya) dan ini tampak seperti air dari kejauhan. Hewan ini terdapat 2 jenis sesuai dengan jenis makanannya yaitu pemakan daging atau ikan lainnya dan pemakan fitoplankton.

 

Contoh Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata Alam

telaga sarangan photography

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan adalah salah satu objek wisata yang ada di kota Magetan. Terletak di lereng Gunung Lawu. Telaga ini memiliki luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman mencapai 28 meter. Suhu udara di telaga ini bisa mencapai 15 – 20 derajat Celcius.

Pemandangan yang indah dan suhuna yang sejuk menjadikan pengunjung ingin berlama-lama untuk tinggal di sekitar telaga ini. Apalagi ditambah banyaknya barang dagangan. Mulai dari sayur-mayur, buah-buahan, makanan, minuman, jajanan / oleh-oleh, cendera mata, bahkan sampai peralatan dapur di jual di sini.

Bukan hanya suasana yang nyaman dan banyaknya pedagang yang menjual berbagai barang. Di Sekitar Telaga Sarangan ini terdapat bermacam-macam penyewaan kendaraan. Mulai dari Speed boat, Kuda Poni, Sepeda air, Motor Cross mini, dan masih banyak lagi.

Demikian adalah deskripsi mengenai telaga sarangan. Kalian tertarik untuk mengunjungi objek wisata tersebut?

 

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

teks deskripsi sekolah kartun hd

Sekolahku Sekolah Favorit

Aku bersekolah di sekolah SMAN 3 Air Kubang. Sekolahku itu adalah sekolah yang sangat bagus dan terfavorit di kotaku. Hal ini dikarenakan sekolahku memiliki banyak sekali prestasi yang membanggakan baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

Dalam bidang non akademik, sekolahku tidak pernah absen dalam mengikuti kejuaraan – kejuaraan olahraga seperti bolabasket, volley, futsal, dan lain – lain. Bahkan kami masih memegang juara umum untuk kejuaraan futsal dan bola basket tingkat nasional. Hal ini bisa dilihat dari ratusan piala yang tersusun rapih di dalam lemari. Piala – piala tersebut adalah bukti dari kehebatan sekolah kami dalam bidang olahraga.

Tidak hanya itu, sekolah kami juga terkenal sebagai penghasil atlet nasional. Banyak sekali atlet – atlet nasional yang masih aktif maupun yang tidak aktif lagi telah membawa nama Indonesia ke kejuaraan dunia berasal dari sekolah kami.

Dalam bidang akademik, sekolahku juga memiliki berbagai macam prestasi yang tidak kalah membanggakan. Sekolahku selalu mengirim perwakilan – perwakilannya untuk mengikuti olimpiade baik tingkat nasional maupun internasional. Bahkan salah satu teman kami. Muhammad Aziz, berhasil menjuarai olimpiade sains tingkat internasional di Jepang. Karena terkenal akan prestasi – prestasinya yang membanggakan, tak ayal lulusan dari sekolah kami selalu mendapatkan undangan untuk masuk ke perguruan tinggi favorit tanpa melalui test.

Keberhasilan sekolah kami dalam bidang akademik dan nonakademik ini karena didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas. Hampir semua guru di sekolah kami merupakan lulusan dari luar negeri sehingga mereka adalah guru – guru professional yang bisa mendidik murid – muridnya dengan berbagai macam metode yang baik dan menyenangkan.

Meskipun begitu, sekolah kami juga menerapkan seleksi penerimaan siswa baru dengan ketat, sehingga siswa – siswi yang belajar di sini benar – benar siswa pilihan. Oleh karena prestasinya yang sangat banyak, sekolah kami menjadi favorit dan idola bagi setiap pelajar yang baru lulus SMP dan ingin melanjutkannya ke tingkat SMA.

Contoh Teks Bahasa Inggris

anak kecil perempuan cantik

My Best Friend

I have a friend who sits beside me when we study in school. Her name is Adis Sihada. though we’ve simply met for few days, she is absolutely kind to me .

Her body is slim and tall. She has cute face that may build each boy hypnotised if see her. She conjointly has wavy hair. Her hobbies area unit swimming and farming. Not solely pretty, she conjointly a awfully friendly and polite person. once someone says hi, she forever replies it by smiling at her or him.

Every morning we tend to forever visit faculty along. Even in school, we tend to forever stay where we tend to go, like about to bathroom or canteen. We’re similar to peas and carrots. She is my seatmate. She forever appearance therefore cheerful and overactive on a daily basis. She is additionally funny generally and provides Maine some giggles whereas having language along with her or simply look her ridiculous behavior.

When the weekend is returning, she usually visits my house. Sometimes, she conjointly spends the night out at my home. I’m therefore glad for having a friend like her.

 

Penutup

Demikian adalah materi mengenai Kali ini. Semoga bermanfaat dan berfaedah.

Selamat belajar!

Tinggalkan komentar