Kode AdSense Anda

Rumus Persegi | Luas, Keliling & Soal + Pembahasan

Selamat datang kembali di halaman tataotak. Pada halaman dan kesempatan kali ini, kami akan membahas sedikit tentang materi rumus persegi.

Apakah kalian masih mengingat, apa itu persegi? Persegi atau bujur sangkar sih yang benar? Rumus untuk mencari luas persegi itu bagaimana sih? Kalau untuk mencari keliling persegi, ada cara cepatnya nggak sih?

Semua pertanyaan diatas akan terjawab di halaman ini. Perlu diketahui, persegi ini adalah bangun datar yang mirip dengan bangun datar lainnya, persegi juga memiliki sifat/ ciri-ciri, rumus luas, dan rumus keliling yang agak khas dan lebih simpel dari bangun datar lainnya. Baca sampai akhir ya…

Pengertian Persegi

Apakah kalian masih ingat, apa itu persegi? Persegi adalah salah satu bangun datar/ bangun dua dimensi tersusun oleh empat sisi dan empat sudut, yang keempat sudutnya sama panjang dan keempat sudutnya adalah sudut siku-siku (90º).

Bagaimana? apakah kalian sudah mengingat kembali, apa itu persegi? Apabila kalian belum mengerti gambaran tentang bangun datar di atas, kalian bisa perhatikan beberapa gambar persegi di bawah ini.

Bangun datar persegi

Biasanya terdapat simbol-simbol yang menandakan garis tersebut sama panjang dan bersudut 90º / siku-siku. Seperti gambar di bawah.Bangun datar persegi

 

Sifat-sifat Persegi

Sebagaimana bangun datar / bangun dua dimensi seperti biasanya. Persegi juga memiliki sifat-sifat / ciri-ciri/ karakteristik tersendiri. Berapa banyak sifat-sifat bangun datar persegi yang kalian ketahui? Mari simak beberapa sifat dan penjelasannya berikut.

 

1. Memiliki Empat Sisi Sama Panjang

Seperti yang kita ketahui, persegi mempunyai empat sisi. Semua sisi pada persegi memiliki panjang yang sama. Biasanya, garis yang sama panjang ditandai dengan adanya coretan pada setiap sisi yang sama panjang. Seperti pada gambar berikut.

Belah ketupat adalah salah satu bangun datar yang memiliki empat sudut sama panjang seperti persegi.

2. Memiliki Dua pasang Sisi Sejajar

Bukan hanya sama panjang. Ternyata, persegi memiliki dua pasang sisi yang sejajar. Mudahnya, ada 2 sisi (satu pasang) yang tegak (vertikal) sejajar, dan satu pasang lagi yang mendatar (horizontal) sejajar.

 

3. Memiliki Empat Sudut Siku-Siku

Empat sudut pada persegi memiliki besar yang sama. Yaitu sebesar 90º atau biasa dinamakan dengan sudut siku-siku. Biasanya ditandai dengan simbol siku-siku yang menghadap sudut atau membelakangi sudut siku-siku.

Empat sudut siku-siku

 

4. Memiliki Empat Simetri Lipat

Apa itu simetri lipat? Simetri lipat adalah banyaknya jumlah lipatan yang dapat dilakukan pada suatu bangun datar yang menghasilkan dua lipatan sama pola dan ukurannya. Pada bangun datar, simetri lipat biasa digambarkan dengan garis khayal.

Adapun pada bangun datar persegi ini, memiliki empat simetri lipat. Perhatikan gambar berikut!

Simetri lipat persegi

5. Memiliki Empat Simetri Putar

Apa itu simetri putar? Simetri putar adalah jumlah putaran pada bangun datar dan dari putaran tersebut menghasilkan pola yang sama seperti sebelum diputar. Setiap bangun datar pasti memiliki simetri putar, minimal satu.

Pada bangun datar persegi ini memiliki sebanyak empat simetri putar. Perhatikan gambar berikut!

Simetri putar pada persegi

 

Rumus Keliling Persegi

Apa itu keliling pada bangun datar? Keliling adalah jumlah seluruh sisi penyusun suatu bangun datar. Karena sisi-sisi tersebut mengelilingi bangun datar tersebut, kemudian dinamakan keliling.

Seperti yang kita ketahui, pada setiap bangun datar/ bangun dua dimensi pasti memiliki keliling. Seperti halnya bangun datar persegi ini. Bangun persegi ini juga memiliki panjang keliling.

Keliling persegi dapat dicari dengan cara menjumlahkan seluruh panjang sisinya. Perhatikan gambar berikut!

Persegi

Pada gambar di atas, dapat kita lihat, bagaimana persegi tersebut tersusun oleh empat sisi. Yaitu sisi AB, BC, CD dan DA.

 

Cara mencari keliling persegi di atas yaitu dengan menjumlahkan seluruh sisinya.

K = Jumlah seluruh panjang sisi

K = sisi AB + sisi BC + sisi CD + sisi DA

K = (hasil)

 

Karena pada persegi, seluruh sisinya sama panjang. Jadi, kita bisa gunakan salah satu panjang sisinya saja untuk mencari keliling bangun tersebut.

 

K = Jumlah panjang seluruh sisinya

K = sisi AB + sisi BC + sisi CD + sisi DA

K = S + S + S + S

K = S x 4 (jumlah sisi)

 

Kenapa kita bisa gunakan rumus ini? Karena, sisi pada bangun datar persegi tuh sama panjang. Simpelnya, kita hanya perlu mengalikan panjang salah satu sisinya dengan jumlah sisinya (4) untuk mendapatkan keliling dari bangun tersebut.

Mudah bukan?

Baca juga Rumus Trapesium

 

Contoh Soal Keliling :

Kebun pak bagasPak bagas punya sebuah kebun berbentuk persegi. panjang salah satu sisinya adalah 10 meter. Berapa keliling kebun pak bagas?

Diketahui : Persegi dengan sisi 10 m

Ditanya : Keliling

Jawab :

K = 4 x s

K = 4 x 10

K = 40 m

Jadi, Keliling kebun pak bagas yaitu 40 m.

 

Rumus Luas Persegi

Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai luas persegi,marilah kita ulang kembali. Apa itu luas? Luas adalah besaran yang menyatakan ukuran dua dimensi suatu bagian permukaan yang dibatasi dengan jelas. Jadi, kalian hanya bisa menghitung luas suatu bagian permukaan yang dibatasi dengan jelas.

Luas hanya terdapat pada sesuatu dua dimensi atau dilihat secara dua dimensi. seperti kertas, halaman rumah (tanpa memperhatikan ketinggiannya (3D) dan masih banyak lagi.

Satuan luas adalah m2 .

Setelah kita mengetahui apa itu luas, marilah kita beralih ke rumus luas persegi. Rumus luas persegi adalah hasil kali antara sisi dengan sisi. Sebenarnya rumus mencari luas pada persegi  ini hampir sama dengan rumus persegi panjang. Yang membedakannya hanyalah adanya panjang dan lebar pada bangun datar persegi panjang.

Jika pada bangun datar persegi ini. Semua sisinya sama panjang. Jadi, untuk mencari luasnya yaitu degan cara mengalikan salah satu sisinya dengan sisi yang lain. Dikarenakan sisi yang lain sama dengan sisi yang pertama. maka untuk mencari luas suatu persegi hanya membutuhkan keterangan panjang salah satu sisinya.

L = S x S

Dengan keterangan:

  • L = Luas (m2)
  • S = Panjang Sisi (m)

 

Perhatikan gambar persegi berikut!

PersegiMisalkan, kita sedang mencari luas dari bangun datar persegi di atas. Sebelum mencari luasnya, kita haru mengetahui panjang salah satu panjang sisi persegi tersebut. Katakanlah panjang sisi AB pada bangun datar persegi di atas adalah 5 cm. maka untuk mencarinya kita bisa gunakan cara berikut.

L = 4 x s

L = 4 x 5

L = 20 cm2

Mudah kan?

 

Soal Pemantapan

Untuk memantapkan materi kami kali ini tentang persegi, mari kerjakan kerjakan beberapa soal pemantapan berikut. Apakah kalian bisa menyelesaikan soal-soal berikut? Semoga bisa ya..

Dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan agar lebih mantul nantinya. Jangan sampai salah ya.

Soal 1

Suatu pigora berbentuk persegi dengan panjang salah satu sisinya sebesar 5 cm. Berapakah keliling bangun datar persegi tersebut?

Soal 2

Suatu bangun datar dua dimensi berbentuk bujur sangkar dengan salah satu sisinya sebesar 8 cm. Maka keliling bangun tersebut adalah.. .cm

Soal 3

Suatu persegi memiliki keliling sebesar 80 cm. Berapa luas bangun datar tersebut?

Soal 4

Suatu persegi dengan luas 81 cm2. Berapa keliling bangun tersebut?

Soal 5

Suatu bangun datar berbentuk persegi dengan panjang sisinya yaitu 7 cm. Berapa keliling bangun datar tersebut?

Soal 6

Pak Bambang memiliki sebuah taman berbentuk persegi. Ia hendak diberi hiasan lampu rgb di pinggiran taman tersebut. Harga lampu rgb adalah Rp12.000,00 per meter. Maka, berapa uang yang harus dikeluarkan pak Bambang untuk membeli lampu tersebut, jika luas taman tersebut sebesar 625 m2 ?

Soal 7

Bu Muna memiliki kain hijab berbentuk persegi. Ia ingin memberi hiasan pada hijabnya tadi dengan pita di pinggiran hijab tadi. Berapa panjang pita yang dibutuhkan bu Muna untuk menghiasi hijab tersebut jika luas hijab tersebut adalah 1 m2.

Soal 8

Berapa luas sebuah persegi yang panjang salah satu sisinya adalah 30 cm?

Soal 9

Berapa luas sebuah persegi yang panjang salah satu sisinya   37 cm?

Soal 10

Panjang sisi persegi yang luasnya 144 cmadalah…. cm

 

Jawaban dan Pembahasan

Pembahasan 1

Diketahui : Suatu pigora bentuk persegi dengan panjang sisinya 5 cm.

Ditanya : keliling?

Jawab :

K = 4 x s

K = 4 x 5

K = 20 cm

Jadi, keliling persegi di atas adalah 20 cm

Pembahasan 2

Diketahui : Bangun datar 2 dimensi berbentuk bujur sangkar dengan salahsatu sisnya sepanjang 8 cm.

Diketahui : Suatu persegi dengan panjang sisinya 8 cm.

Ditanya : keliling?

Jawab :

K = 4 x s

K = 4 x 8

K = 32 cm

Jadi, keliling persegi di atas adalah 32 cm

Pembahasan 3

Diketahui : Keliling suatu persegi adalah 80 cm.

Ditanya : Luas?

Jawab :

Luas :

Pertama-tama, kita cari panjang sisinya

K = 4 x s

80 = 4 x s

80 / 4 = s

20 = s

Kemudian kita cari luasnya

L = s x s

L = 20x 20

L = 400 cm2

Jadi, luas bangun datar tersebut yaitu 400 cm2 .

Pembahasan 4

Diketahui : Luas suatu persegi adalah 81 cm.

Ditanya : Keliling?

Jawab :

Pertama-tama kita cari panjang sisinya

L = s x s

81 = s x s

81 = s2

s = 9 cm

Kemudian, kita cari kelilingnya.

K = 4 x s

K = 4 x 9

K = 36 cm

Jadi, panjang kelilingnya yaitu 36 cm.

 

Pembahasan 5

Diketahui : Suatu persegi dengan panjang sisinya 7 cm.

Ditanya : keliling?

Jawab :

K = 4 x s

K = 4 x 7

K = 28 cm

Jadi, keliling persegi di atas adalah 28 cm

 

Pembahasan 6

Diketahui : Taman pak Bambang berbentuk persegi seluas 625 m2. hendak diberi lampu RGB seharga Rp 12.000,00 /meter di pinggiran taman tersebut.

Ditanya : Uang yang harus dikeluarkan pak Bambang

Jawab  :

Pertama-tama, kita cari panjang sisi perseginya.

L = s x s

625 = s2

s = 25 m

Kemudian kita cari kelilingnya.

K = 4 x s

K = 4 x 25

K = 100 m

Lalu kita cari biaya untuk membeli lampunya

Harga total = Harga permeter x panjang

Harga total = Rp12.000,00 x 100 m

Harga total = Rp.1200.000,00

Jadi, harga lampu yang dibutuhkan yaitu Rp.1.200.000,00

Pembahasan 7

Diketahui : Suatu hijab berbentuk persegi, dengan luas hijabnya yaitu 1 m 2. Hendak diberi hiasan di pinggiran hijab.

Ditanya : Panjang hiasan yang diperlukan?

Jawab :

Pertama-tama, kita cari panjang sisinya

L = s x s

1 = s x s

1 = s2

s = 1 cm

Kemudian kita cari kelilingnya

K = 4 x s

K = 4 x 1

K = 4 m

Jadi, panjang hiasan yang diperlukan yaitu sepanjang 4 m.

Pembahasan 8

Diketahui : Panjang salah satu sisi persegi adalah 30 cm.

Ditanya : Luas?

Jawab :

L = s x s

L = 30 x 30

L = 900 cm2

Jadi, luas bangun datar tersebut yaitu 900 cm2.

 

Pembahasan 9

Diketahui : Panjang salah satu sisi bangun datar persegi adalah 37 cm.

Ditanya : Luas

Jawab :

L = s x s

L = 37 x 37

L = 1369 cm2

Jadi, luas bangun datar tersebut yaitu 1369 cm2  

Pembahasan 10

Diketahui : Luas suatu persegi adalah 144 cm.

Ditanya : Panjang sisi?

Jawab :

L = s x s

144 = s2

 s = 12 cm

Jadi, panjang sisi bangun datar persegi tersebut adalah 12 cm.

 

Penutup

Berakhir sudah pembahasan kali ini tentang rumus persegi keliling, dan luas. Semoga bermanfaat. Selamat belajar..

 

Tinggalkan komentar