Kode AdSense Anda

Rumus Persegi Panjang | Ciri-ciri, Luas & Keliling [Lengkap] √

Di halaman kali ini. Tataotak akan memberikan materi lengkap dan jelas berkaitan dengan persegi panjang. Yaitu sifat-sifat persegi panjang, rumus luas dan rumus keliling serta cara atau langkah-langkah penyelesaian soal-soalnya.

Sebelum kita melanjutkan lebih dalam tentang persegi panjang. Mari kita lihat kembali, apa itu persegi panjang? Simak penjelasan-penjelasan berikut ini.

Pengertian Persegi Panjang

Persegi panjang adalah bangun datar dua dimensi yang terbentuk oleh dua pasang sisi yang sama panjang dan sejajar berhadapan dengan pasangannya.

Pokoknya kalau kalian lihat ada bangun datar dengan empat sisi dengan dua pasang sisi yang pasangan sisinya berhadapan sejajar dan sama panjang. berarti itu adalah bangun datar persegi panjang.

Sifat-Sifat Persegi Panjang

Bukan hanya manusia, Bangun datar juga mempunyai sifatnya sebagai bangun datar. Biasanya, sifat-sifat pada bangun datar juga bisa disebut sebagai ciri-cirinya.

Berikut adalah sifat-sifat atau ciri-ciri dari bangun datar persegi :

1. Memiliki Empat Sisi

Bangun datar persegi panjang memiliki empat sisi. Namun yang membedakannya dengan persegi adalah panjang sisi dari pasangan sisi persegi panjang. Perhatikan gambar berikut!

persegi dan persegi panjang

Persegi panjang juga memiliki sedikit kesamaan dengan bangun datar layang-layang dan jajargenjang. Terutama di aturan panjang sisi sisinya.  Mengapa? Karena, bangun datar layang-layang juga memiliki empat sisi / atau 2 pasang sisi sama panjang. Yang membedakan persegi panjang dengan bangun layang-layang dan jajargenjang adalah penempatan sisi yang sama panjang tadi.bangun datar empat sisi

 

2. Memiliki Empat Sudut sebesar 90°

Bangun datar persegi panjang memiliki empat sudut sebesar 90°. Hal ini juga menjadi pembeda antara persegi panjang dengan bangun layang-layang dan bangun jajar genjang.

Sudut sebesar 90°, biasa juga disebut dengan sudut siku-siku atau sudut yang berpotongan tegak lurus.

biasanya sudut yang memiliki sudut sebesar 90°. diberi tanda dengan . Perhatikan gambar berikut!

Sudut Siku-siku

 

3. Memiliki 2 Pasang Sisi Berhadapan Sejajar Sama Panjang

Sebenarnya, beberapa penjelasan dari sifat persegi panjang yang ketiga ini telah dijelaskan di bagian pertama. Jadi persegi panjang memiliki 2 pasang sudut yang benar saling berhadapan. Dan kedua pasang sisi yang berhadapan itu sama panjang dengan sisi hadapannya.

 

4. Diagonalnya Saling Berpotongan Tidak Tegak Lurus

Pada bangun persegi dan layang-layang, diagonalnya berpotongan tegak lurus. Namun, pada bangun persegi panjang, diagonalnya saling berpotongan tidak tegak lurus.

 

5. Memiliki 2 Simetri Lipat

Simetri lipat adalah jumlah lipatan yang dapat dibentuk di sebuah bangun datar dan hasil lipatannya terbagi menjadi dua saling menutup sama besar. Pada bangun persegi panjang ini, terdapat 2 simetri lipat. Perhatikan gambar berikut.

Dua simetri lipat pada persegi panjangKalian akan dapat buktikan kebenaran simetri lipat pada persegi panjang jika kalian melipatnya tepat pada garis abu-abu seperti di atas. Bagaimana apakah berhasil?

 

6. Memiliki 2 Simetri Putar

Simetri putar adalah jumlah putaran yang dapat dilakukan pada suatu bangun datar dan dari putaran tersebut menghasilkan pola yang sama seperti sebelum diputar. Pada semua bangun datar, minimal memiliki 1 simetri putar.

Bangun datar persegi panjang ini memiliki dua simetri putar. Perhatikan gambar berikut!

simetri putar pada persegi panjang

Rumus Keliling Persegi Panjang

Apa itu keliling pada bangun datar? Keliling adalah jumlah seluruh sisi penyusun suatu bangun datar. Karena sisi-sisi tersebut mengelilingi bangun datar tersebut, maka dinamakanlah keliling.

Seperti yang kita ketahui, bahwasannya setiap bangun datar/ bangun dua dimensi memiliki keliling. Seperti halnya bangun persegi panjang ini. Bangun persegi panjang ini juga memiliki panjang keliling.

Keliling persegi panjang adalah jumlah panjang keempat sisi penyusunnya. Perhatikan gambar berikut!

Pada gambar berikut dapat kita lihat. Sisi-sisi penyusun pada persegi panjang di atas adalah Sisi AB, BC, CD, dan DA.

Seperti yang telah kita ketahui, keliling adalah jumlah dari seluruh sisi penyusun suatu bangun datar. Jadi, keliling pada bangun persegi panjang di atas adalah :

Keliling = Panjang sisi AB + Panjang sisi BC + Panjang sisi CD + Panjang sisi DA.

Untuk lebih simpelnya lagi, kita bisa gunakan cara berikut.

Keliling = Panjang sisi AB x 2 + Panjang sisi BC x 2

Kenapa kita juga bisa gunakan rumus diatas? Karena jika kita perhatikan kembali pada sifat-sifat persegi panjang nomor 3. Maka kita bisa pastikan panjang sisi AB sama panjang dengan sisi CD. Adapun sisi BC sasma panjang dengan sisi DA.

Dari semua pembahasan di atas. Kita bisa simpulkan bahwa,

  • Sisi AB = Sisi CD = Sisi Panjang = p
  • Sisi BC = Sisi DA = Sisi Lebar = l
  • Keliling Persegi Panjang = ( 2 x l ) + ( 2 x p ) = Besar keliling.

Bagaimana? Mudah bukan?

Soal Pemantapan Keliling

Untuk memantapkan kembali tentang materi keliling persegi panjang kali ini, marlah kita coba kerjakan soal pemantapan berikut.

Soal 1

Suatu lapangan sepak bola memiliki keliling 350 m. Panjang lapangan sepak bola tersebut adalah 100 m. Maka, berapa meter lebar lapangan tersebut?

Soal 2

Suatu kolam renang berbentuk persegi panjang. Memiliki panjang sebesar 30 m. Lebarnya sebesar 10 m. Berapa keliling kolam renang tersebut?

Soal 3

Rudi memiliki sebuah foto. Ukurannya sebesar 7 x 15 cm. Ia ingin memberi hiasan pita di pinggiran foto tersebut. Berapa panjang minimal pita yang dibutuhkan untuk menghiasi foto tersebut?

Soal 4

Nabil punya sebuah taman berbentuk persegi panjang. Ukurannya sebesar 5 x 10 meter. Pada pinggiran taman tersebut ingin dibangun suatu pagar. Maka berapa panjang pagar minimal agar seluruh taman tersebut dikelilingi oleh pagar?

Soal 5

Berapa panjang sebuah persegi panjang yang kelilingnya sebesar 500 cm dan lebarnya sebesar 100 cm?

Pembahasan Soal

Setelah mencoba soal pemantapan di atas, kalian bisa cocokkan jawaban yang kalian dapat dengan pembahasan soal di bawah ini ya…

 

Pembahasan Soal 1

Diketahui : Keliling lapangan sepak bola = 350 m. Panjang lapangan sepak bola tersebut 100 m.

Ditanya : Lebar lapangan sepak bola?

Jawab :

K = p + p + l + l

K = (2 x p) + (2 x l)

350 = (2 x 100) + (2 x l)

350 = 200 + 2l

350 – 200 = 2l

2l = 150

l = 150 / 2

l = 75 cm

Jadi, lebar lapangan sepak bola tersebut yaitu 75 m.

 

Pembahasan Soal 2

Diketahui : Suatu kolam renang dengan panjang 30 m. Lebarnya 10 m.

Ditanya : Keliling Kolam Renang

Jawab :

K = p + p + l + l

K = (2 x p) + (2 x l)

K = (2 x 30) + (2 x 10)

K = 60 + 20

K = 80 m

Jadi, keliling kolam renang tersebut yaitu sepanjang 80 m

 

Pembahasan Soal 3

Diketahui : Rudi punya sebuah foto. Ukurannya sebesar 7 x 15 cm. Akan diberi hiasan pita di pinggirannya.

Ditanya : Panjang pita minimal yang dibutuhkan?

Jawab :

K = p + p + l + l

K = (2 x p) + (2 x l)

K = (2 x 15) + (2 x 7)

K = 30 + 14

K = 44 cm.

Jadi, panjang minimal pita yang dibutuhkan yaitu 44 cm.

 

Pembahasan Soal 4

Diketahui : Nabil mempunyai sebuah taman dengan ukuran 5 x 10 m. Akan diberi pagar di pinggiran taman tersebut.

Ditanya : Berapa panjang pagar minimal yang akan dibagun agar taman tersebut dikelilingi pagar?

Jawab :

K = p + p + l + l

K = (2 x p) + (2 x l)

K = (2 x 5) + (2 x 10)

K = 10 + 20

K = 30 m

Jadi, panjang pagar yang akan dibangun/ keliling adalah 30 m.

 

Pembahasan Soal 5

Diketahui : Keliling suatu persegi panjang = 500 cm. Lebarnya 100 cm.

Ditanya Panjang persegi panjang tersebut?

Jawab :

K = p + p + l + l

K = (2 x p) + (2 x l)

500 = (2 x p) + (2 x 100)

500 = 2p + 200

500 – 200 = 2p

2p = 300

p = 300 / 2

p = 150 cm

Jadi, Panjang persegi panjang tersebut yaitu 150 cm.

 

Rumus Luas Persegi Panjang

Telah usai pembahasan kita tentang keliling persegi panjang.Pada subheading ini, kita akan melanjutkan ke materi selanjutnya yaitu rumus luas persegi panjang dan penyelesaian soalnya.

Sebelumnya, apa yang itu luas? apa yang kalian ketahui tentang luas?

Luas adalah besaran yang menyatakan ukuran dua dimensi suatu bagian permukaan yang dibatasi dengan jelas. Jadi, kalian hanya bisa menghitung luas suatu bagian permukaan yang dibatasi dengan jelas.

Luas hanya terdapat pada sesuatu bersifat dua dimensi. Apapun itu, seperti kertas, halaman rumah, lapangan, dan lain-lain.

Satuan luas adalah m2 .

Rumus Luas Persegi panjang adalah hasil kali sisi panjang dengan sisi lebar.

L = l x p

Dengan keterangan:

  • L = Luas (m2)
  • l = lebar (m)
  • p = Panjang (m)

Perhatikan gambar berikut!

pada gambar berikut, kita bisa ketahui. Yang dinamakan dengan panjang adalah sisi AB atau sisi DC. Sedangkan yang dinamakan dengan lebar adalah sisi BC atau sisi DA. Pokoknya sisi panjang pada persegi panjang ini lebih panjang daripada sisi lebarnya.

Pada persegi panjang seperti diatas, kita bisa daptkan besar luasnya dengan mengalikan panjang dengan lebarnya. Perhatikan cara di bawah ini.

L = p x l

L = AB/DC x BC/DA

L = (hasil kali keduanya)

Mudah bukan? Sebenarnya cara ini sangat mirip dengan cara mencari luas pada persegi. Mungkin karena bentuknya yang memang mirip. Jangan lupa untuk teliti dalam menghitung ya… Sudah mudah kok salah hitung, rugi dong..

Soal Pemantapan

Sama seperti materi keliling, pada materi luas persegi panjang ini akan ada soal pemantapan. Memang tujuannya agar semakin mantap. Kerjakan dengan benar ya… Apakah nantinya jawaban kalian sama dengan jawaban di pembahasan soal nantinya?

Selamat mengerjakan!

Soal 1

Suatu persegi panjang memiliki panjang sebesar 12 cm. Lebarnya sebesar 5 cm. Berapa luas bangun datar persegi panjang tersebut?

 

Soal 2

Suatu persegi panjang dengan luas sebesar 35 cm2. Lebarnya sebesar 5 cm. Panjang dari persegi panjang tersebut adalah… cm

 

Soal 3

Suatu pigora berbentuk persegi panjang memiliki luas sebesar 54 cm2. Panjangnya sebesar 9 cm. maka panjang lebarnya adalah… cm

 

Soal 4

Suatu lapangan sepakbola memiliki luas sebesar 7500 m2. Panjangnya sebesar 100 m. maka panjang lebar lapangan sepak bola tersebut adalah… m

 

Soal 5

Suatu kolam renang memiliki panjang dua kali lipat dari panjang lebarnya. jika panjang kolam renang tersebut adalah 20 m. maka, luas kolam renang tersebut adalah… m2.

 

Pembahasan Soal

Setelah diberikan soal pemantapan, marilah kita cocokkan jawaban kalian dengan pembahasan di bawah ini.

 

Pembahasan Soal 1

Diketahui : Suatu persegi panjang dengan panjang = 5 cm. lebarnya sebesar 12 cm.

Ditanya : Luas

Jawab :

L = P x l

L = 12 x 5

L = 60 cm2

Jadi, luas Bangun datar persegi panjang di atas yaitu 60 cm2

 

Pembahasan Soal 2

Diketahui : Suatu persegi panjang dengan luas sebesar 54 cm2. Panjangnya sebesar 9 cm.

Ditanya : Lebar

Jawab :

L = P x l

35 = P x 5

35 = P x 5

35 / 5 = P

P = 7 cm

Jadi, Panjang persegi panjang tersebut sebesar 7 cm.

 

Pembahasan Soal 3

Diketahui : Pigora berbentuk persegipanjang memiliki luas sebesar 54 cm2. Panjangnya sebesar 9 cm.

Ditanya: Lebar… cm

Jawab :

L = P x l

54 = 9 x l

54 = 9 x l

54 / 9 = l

l = 6 cm

Jadi, lebar persegi panjang tersebut sebesar 6 cm.

 

Pembahasan Soal 4

Diketahui : Suatu lapangan sepak bola memiliki luas sebesar 7500 m2. Panjangnya sebesar 100 m.

Ditanya : Lebar … m

Jawab:

L = P x l

7500 = 100 x l

7500 = 100 x l

7500 / 100 = l

l = 75 m

Jadi, lebar persegi panjang tersebut sebesar 75 m.

 

Pembahasan Soal 5

Diketahui : Suatu kolam renang memiliki panjang dua kali lipat dari panjang lebarnya. Panjang kolam tersebut yaitu 20 m.

Ditanya : Luas

Jawab :

L = p x l

L = 20 x (1/2 x 20)

L = 20 x 10

L = 200 m2

Jadi, luas kolam renang tersebut adalah sebesar 200 m2.

 

Penutup

Telah usai materi kita tentang Ciri-ciri / sifat-sifat, rumus keliling dan rumus luas pada bangun datar persegi panjang. Bagaimana, mudah bukan? Jangan lupa untuk sering berlatih dan lebih teliti dalam mengerjakan soal-soal yang kalian hadapi.

Apabila ada salah kami mohon maaf. Selamat belajar…

Tinggalkan komentar