Menyiapkan Percaya Diri Anak-Anak Sejak Dini…

Menyiapkan Percaya Diri Anak-Anak Sejak Dini…

Hari ini, Kamis 23 Juni 2022, anak-anak kelas satu SD NUFI sedang belajar di luar kelas. Mereka sedang belajar bagaimana pentingnya komunikasi, kolaborasi dan bekerja sama dalam menuntaskan tugas dan kewajiban. Pembelajaran itu dikemas dalam permainan meluncurkan kelereng dengan sarana pipa paralon yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Masing-masing siswa dalam kelompok tertentu, mempunyai tugas agar kelereng yang akan lewat tetap stabil, terkontrol dengan baik serta mengarah ke tempat yang telah disediakan. Suasana pun riuh ria. Tepuk tangan pun membahana seiring dengan teriakan dan dorongan dari masing-masing kelompok. Itulah sebagian keseruan yang ada di  NUFI.

Apakah manfaat mainan seperti itu bagi anak-anak ? Keseimbangan dan kontrol diri yang diwujudkan dengan kekuatan tangan yang memegang paralon agar kelereng tetap stabil adalah wujud dari pemikiran, daya tahan serta komunikasi dan kerja sama antar kelompok yang ada. Pemahaman keseimbangan sangat penting bagi anak-anak. Karena keseimbangan akan mengarahan pada keadilan dan kebenaran. Dan dari sinilah anak-anak akan memahami bagaimanakah benar dan salah itu  ada. Sekaligus bagaimana mereka akan bertindak jika ada hal yang salah dan yang benar.

Pentingnya Kerja Sama dan Komunikasi

Memang, di akhir bulan Juni 2022 ini, anak-anak SD NUFI yang beralamatkan di Jalan Raya Saimbang Kebonagung Sukodono Sidoarjo itu sibuk dengan berbagai latihan penampilan yang akan mereka suguhkan di hadapan teman-temannya. Baik anak-anak yang ada di kelas bawah, hingga mereka yang ada di kelas atas. Panggung show time, talent inside me, begitu back ground yang terpampang di sana, selalu gegap gempita dengan atraksi anak-anak. Bacaan tartil Alquran anak-anak, yang merupakan salah satu unggulan sekolah ini, selalu menjadi bagian dari setiap kelas. Di sisi lain, ada yang bertugas sebagai pembawa acara, menyanyi, puisi, pildacil, pantomim, drama dan tidak sedikit yang unjuk kebolehan dalam menggambar dan menari dengan iringan sebuah lagu.

Di samping kegiatan di atas, ada juga kegiatan yang lebih melibatkan kekuatan fisik dan jasmani. Di mana dengan kekuatan fisik dan sehatnya jasmani ini, akan menjadikan anak-anak sebagai pribadi yang tangguh dalam menghadapi berbagai tugas dan amanah yang akan diberikan kepadanya. Ada permainan air, merayap, ketahanan kaki dan tangan dan tidak ketinggalan juga keseimbangan dan ketangkasan. Seperti bermain egrang, kelereng meluncur, serta titihan dan halang rintang. Dengan berbagai kegiatan di atas, semoga kepercayaan diri anak-anak tumbuh seiring dengan betambahnya usia mereka. Wallohu a’lam.

Tinggalkan komentar