Kode AdSense Anda

Konversi Satuan Luas | Pengertian, Jembatan, & Contoh Soal

Masih seputar matematika. Pada halaman ini, kita akan membahas mengenai salah satu konversi atau pun jembatan satuan yang sering kita jumpai di kehidupan kita. Yaitu konversi satuan luas.

Berapa banyak satuan luas yang kalian ketahui? apakah kalian juga tahu cara konversi satuan luas tersebut? Kalau jembatan dari meter persegi ke are itu bagaimana sih? Simak penjelasan berikut sampai selesai ya..

Pengertian Satuan

Apa itu satuan? Mungkin kita sering mendengar kata satuan. Namun, apakah kita benar-benar mengetahui apa definisi dari satuan? Sebenarnya gambaran satuan di pikiran kita apakah sudah benar?

Satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk menyatakan ukuran suatu besaran. Dari banyak macam besaran, Luas adalah salah satu besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang.

Satuan panjang sendiri ada yang baku dan tidak baku. Contoh satuan baku adalah, meter (m), Inchi (Inch), dan lain-lain. Sedangkan yang dimaksud dengan satuan tak baku adalah satuan yang biasa digunakan di beberapa daerah setempat. Seperti satu dekap, satu jengkal, satu hasta, dan lian-lain.

Satuan luas berbeda dengan satuan panjang. Karena luas sudah bukan termasuk dari besaran panjang lagi. Melainkan luas adalah turunan dari besaran panjang.

 

Macam-macam Satuan Luas

Berapa banyak satuan luas yang kalian ketahui? Berikut macam-mcam satuan luas baku serta nilai perbandingannya dengan satuan yang lain:

  1. Hektar (ha) : adalah satuan yang biasa juga disebut dengan hektoare. Hektar juga salahsatu satuan yang diterima sebagai satuan internasional (SS) dalam sistem metrik. 1 ha (hektar) sama dengan 100 a (are), 1 hektar sama dengan 10.000 m(sepuluh ribu meter persegi) atau 100 x 100 m.
  2. Are (a) : adalah salah satu juga dari satuan unit luas area yang sering digunakan untuk pengukuran suatu bidang datar luas. Seperti luas tanah atau wilayah. Satuan ini juga telah menjadi satuan modern yang sering digunakan di berbagai negara. Seperti Indonesia, Perancis, India dan Belanda. 1 a (are) sama dengan 100 m2 , 1 a (are) sama dengan 0,01 ha (hektar).
  3. Km2 (Kilometer persegi) : adalah salah satu satuan unit luas area yang biasa digunakan untuk menghitung ukuran suatu wilayah yang luas. Seperti Benua, Negara, Provinsi dan lain-lain. 1 km2 (kilo meter persegi) sama dengan 1.000.000 m2 , 1 km2 (kilometer persegi) sama dengan 10.000 ha (hektar).
  4. m2 (meter persegi) : adalah salah satu satuan unit luas area yang biasa digunakan untuk menghitung ukuran suatu tempat yang tidak begitu luas. Seperti  luas bangunan, luas taman, luas masjid, dan lain-lain.

Jembatan Konversi Satuan Luas

Apakah kalian pernah mendengar sebelumnya? Jembatan konversi satuan. Agak berbeda dengan konversi satuan volume, namun tetap ada persamaannya juga.

Kalau kalian pernah mengerti atau lupa, berarti kalian akan faham setelah melihat gambar berikut. Kalau kalian belum pernah mengetahui sebelumnya, maka kalian bisa lihat gambar dan penjelasan berikut.

Perhatikan jembatan konversi berikut!

Konversi Jembatan Satuan Luas

Dilihat dari gambar di atas, kita bisa simpulkan bahwa terdapat jembatan atau satuan yang sama besar. Berikut adalah jembatan atau satuan yang juga bisa kalian lihat pada gambar tersebut.

  • 1 hm² (hekto meter persegi) = 1 ha (hekto are/hektat)
  • 1 dam² (deka meter persegi) = 1 a (are)
  • 1 m² (meter persegi) = 1 ca (senti are)

 

Pada jembatan tersebut juga, kita harus mengerti, dalam konversi satuan meter persegi harus mengalikan atau membagi 100. Apabila naik satu tingkatan, maka harus dibagi 100. Jika, turun satu tingkat, maka dikali dengan 100.

Agak berbeda dengan konversi satuan meter persegi. Konversi satuan are, hanya mengalikan atau membagikan bilangan dengan 10 di setiap perpindahan tingkatnya.

Apabila naik satu tingkat, maka dibagi dengan 10. Adapun jika turun satu tingkat, maka dikali dengan 10. Mudah bukan?

 

Contoh Soal

Berikut adalah contoh soal serta pembahasan dalam materi konversi satuan meter persegi dan are. Kerjakan ya.., Apakah jawaban kalian akan sama dengan kunci jawaban di pembahasan nantinya?

Selamat Mengerjakan!

Soal 1

Pak Budi mempunyai kebun karet seluas 7 hektar. Jika dikonversikan ke satuan meter persegi, maka luas kebun karet pak Budi adalah…. m²

Soal 2

Seorang pengusaha properti hendak membeli tanah seorang saudagar yang seluas 5 hektar. berapa uang yang harus dikeluarkan pengusaha properti tersebut jika harga tanahnya adalah 10 Jt / m².

Soal 3

Pak Andi memiliki tanah seluas 10000 m². Ia hendak menjadikan tanah tersebut sebagai taman seluas 1/4 hektar. Maka, sisa tanahnya adalah… m²

Soal 4

Seorang arsitek hendak merancang suatu bangunan pada tanah seluas 10000 m². Jika 4/5 bagian dari tanah tersebut akan digunakan sebagai bangunan, dan sisanya sebagai taman, maka luas taman adalah… ha

Soal 5

Seorang petani memiliki sawah seluas 3/4 ha. Apabila ia hendak menanami jagung di 1/3 bagiannya. Dan sisanya hendak ditanami kacang hijau. Maka luas tanah yang digunakan untuk menanam jagung adalah….    m².

 

Kunci Jawaban Dan Pembahasan

Pembahasan 1

Diketahui : Kebun Pak Budi seluas 7 ha.

Ditanya : Luas kebun dalam satuan m².

Jawab :

7 ha = …. m²

1 ha  =…. 10000 m²

7 ha = 7 x 100000 m²

7 ha = 70000 m²

Jadi, 7 ha jika dikonversikan ke meter persegi sebesar 700000 m²

 

Pembahasan 2

Diketahui : Tanah seluas 5 ha dengan harga 10 jt/m²

Ditanya : berapa harga tanah seluruhnya

Jawab :

Pertama, kita samakan dulu satuannya, entah satuan luas harganya atau satuan luas tanahnya.

Kita samakan satuan luas tanahnya.

5 ha = …. m²

1 ha  =…. 10000 m²

5 ha = 5 x 100000 m²

5 ha = 50000 m²

Kemudian kita cari harganya:

Harga = Luas tanah x harga tanah/m²

Harga = 50000 m² x 10.000.000/m²

Harga = Rp 500.000.000.000,00

Harga tanah tersebut adalah 500 M rupiah.

 

Pembahasan 3

Diketahui : Luas tanah pak Andi 10000 m². Hendak digunakan 1/4 ha  untuk taman.

Ditanya : Sisa tanah Pak Andi

Jawab :

Sisa tanah = 10000 m² – 1/4 ha

Sisa tanah = 10000 m² – 2500 m²

Sisa tanah = 7500 m²

Jadi, sisa luas tanah Pak Andi adalah 7500 m²

 

Pembahasan 4

Diketahui : 4/5 dari 10000 m² akan digunakan bangunan. Sisanya akan digunakan untuk membangun taman.

Ditanya : Luas taman

Jawab :

Bagian taman = Seluruh bagian (1) – Bagian untuk bangunan (4/5)

Bagian taman = 1 (5/5) – 4/5

Bagian taman = 1/5

Luas taman = 1/5 x Luas tanah seluruhnya

Luas taman = 1/5 x 10000 m²

Luas taman = 2000 m²/ 0,2 ha

Jadi, Luas taman adalah 1/5 ha atau 0,2 ha.

 

Pembahasan 5

Diketahui : Sawah seluas 3/4 ha . Hendak ditanami jagung pada 1/3 bagiannya. Sisanya hendak ditanami kacang hijau.

Ditanya : Luas yang ditanami jagung… m²

Jawab :

3/4 ha = 7500 m²

Luas yang ditanami Jagung = 1/3 x 7500 m²

Luas yang ditanami jagung = 2500 m²

Jadi, luas sawah yang hendak ditanami jagung adalah 2500 m².

 

Penutup

Itu saja materi mengenai konversi satuan luas yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa memudahkan kalian semua dalam mengatasi soal yang berkaitan dengan materi ini.

Kami mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan dan kelebihan. Tetap semangat dan jangan berhenti untuk belajar.

Selamat berjuang!

Tinggalkan komentar