5+ Contoh Teks Persuasi Singkat Tentang Pendidikan dan Kesehatan

Berikut adalah beberapa teks deskripsi pilihan tentang Kebersihan, kesehatan, lingkungan, dan lain-lain.
Selamat membaca!

Contoh Teks Persuasi Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan Hidup

contoh teks persuasi kebersihan
unsplash.com
Kebersihan
Siapa yang tidak ingin memiliki lingkungan yang bersih? Tentu semua orang ingin hidup di lingkungan yang bersih. Karena, tanpa kebersihan akan membuat kita tidak nyaman, tidak betah, gatal-gatal dan banyak penyakit lainnya.
Sebenarnya bukan hanya gangguan itu yang akan timbul akibat tidaknya terjaga kebersihan lingkungan. Ketika lingkungan kita tidak terjaga kebersihannya, maka akan timbul banyak pemandangan kotor, bau, dan menjijikkan.
Tentu kita semua tidak ingin hal-hal itu menghantui selalu diri kita dan keluarga. Tapi bagaimana tidak mau, karena kita tinggal di lingkungan yang seperti itu. Jadi apa yang harus kita lakukan?
Dalam agama islam, kebersihan dan kesucian adalah bab pertama yang dibahas pada seluruh kitab fiqih. Hal ini menunjukkan bahwa kebersihan dan kesucian adalah hal yang sangat penting dan perlu digarisbawahi serta diperhatikan dengan teliti.
Langkah pertama yang dapat kita lakukan ketika hal  diatas sudah terjadi adalah bergotong royong kerja bakti. Dengan kita bersama-sama melakukan pembersihan, akan menambah solidaritas dan kesadaran bersama akan pentingnya kebersihan lingkungan ini.
Ketika kerja bakti telah dilaksanakan, hendaknya kita juga melakukan pencegahan dari hal-hal yang menyebabkan timbulnya kembali lingkungan yang kotor. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari lingkungan yang kotor. Salah satunya yaitu menyediakan tempat sampah di setiap rumah.
Kita juga dapat mengolah atau menggunakan kembali bahan-bahan bekas yang memungkinkan. Seperti menggunakan kembali plastik kresek yang biasa kita dapat setelah berbelanja. Atau kita beralih menggunakan tas belanja, Jadi kita tidak perlu lagi menggunakan kresek untuk wadah belanjaan kita. Karena ada tas sebagai pengganti kresek yang lebih ramah lingkungan.
Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal kecil dan besar yang dapat kita lakukan. Mulai dari pribadi atau perorangan, hingga bersifat keseluruhan. Tinggal kita sendiri, apakah kita mau untuk melakukan pencegahan serta usaha-usaha untuk menjaga kebersihan ? Atau kita lebih memilih untuk bermalas-malasan dan menunggu orang datang untuk membersihkan lingkungan kita? Karena dampak buruk dari lingkungan yang kotor itu pasti akan datang pada waktunya.

Contoh Teks Persuasi Singkat Tentang Kenakalan Remaja

minuman keras miras

Miras (Minuman Keras) di Kalangan Remaja

Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017 mengungkapkan pada umur 15-19 tahun  pada pria sebesar 70 persen dan pada wanita 58 persen. Dan jumlah itu lebih banyak dibandingkan persentase di umur 20-24 tahun. Pria sebanyak 18 persen dan wanita 8 persen.

Dimana lagi amanah nantinya akan dipikul kalau tidak kepada pemuda zaman ini. The youth of today, is the leader of tomorrow. Hendaknya kita sebagai pemuda dan pemudi harapan bangsa mengerti, bahwa kita adalah harapan. Ketika harapan telah ada pada diri kita SEMUA, tinggal kita memilih, kita ingin menjadi pemenuh harapan tersebut atau menjadi harapan palsu.

Tuhan telah memberikan kepada kita semua berbagai nikmat. Salah satu diantara banyak nikmatNya adalah berfikir. Kita dapat membedakan antara kebaikan dan keburukan. Kita dapat membedakan antara manfaat dan mudhorot.

Dan disini kita akan bahas, mengapa kita harus menjauhi minuman keras dan beralkohol? Karena banyak hal tersebut menyebabkan timbulnya dampak buruk kepada diri pelakunya. Seperti penyusutan otak sampai kehilangan ingatan, tidak berfungsinya organ hati, kejang-kejang, kerusakan saraf, bahkan sampai kanker dan stroke.

Percaya atau tidak, hal itu pasti akan datang kepada para pelakunya. Dalam waktu dekat atau lambat. Selagi masih ada kesempatan untuk bertaubat dan berhenti, sebelum dampak buruk itu bermunculan satu persatu, kenapa tidak?

Cintailah tubuhmu! Ada banyak orang yang membutuhkan cintamu.

 

Contoh Teks Persuasi Singkat Tentang Kesehatan

anak kecil sakit

Pentingnya Kesehatan
Kesehatan adalah hal yang paling diinginkan bagi mereka yang sedang sakit. Karena ketika seseorang sakit, hanya ada 2 kemungkinan yang terjadi kepada orang tersebut. Yang pertama sehat, dan yang kedua penyakit itu bertambah parah dan berujung kepada kematian.
Karena itu, sehat adalah nikmat yang begitu besar. Banyak orang menginginkan kesehatan. Terutama mereka yang sedang sakit-sakitan. Sedangkan kita yang sedang sehat sekarang malah merusak tubuh dengan merokok, minum minuman keras, mengkonsumsi narkoba, dan banyak lagi hal lainnya.
Diantara banyak cara untuk mencegah penyakit adalah dengan berolahraga. Dengan Olah raga, kita akan mendapat banyak manfaat. Antara lain, Meningkatkan daya tahan tubuh (menjauhkan dari berbagai macam penyakit), meningkatkan daya pikir, menambah nafsu makan, merangsang pertumbuhan ideal, dan lain-lain.
Jadi, apa lagi alasan kita untuk tidak menjaga kesehatan?

Contoh Teks Persuasi Singkat Tentang Narkoba

narkoba dan obat-obatan

Bahaya Narkoba

Hepatitis (radang hati), kanker, bahkan sampai AIDS adalah salah satu dari banyak penyakit yang mengancam pengguna narkoba. Hal ini bukanlah omong kosong untuk menakut-nakuti manusia. Hal ini telah dibuktikan oleh Ali Djohardi (Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN)).

Beliau menuturkan bahwa pengguna narkoba di Indonesia tercacat sebanyak 5,1 juta jiwa. Setiap tahunnya, sekitar 15 ribu jiwa melayang karena menggunakan narkoba.

Masihkah kita ingin mencoba-coba sesuatu yang berbahaya ini? Sebenarnya bukan hanya berbahaya, sakit yang luar biasa adalah hal yang dirasakan para pecandu narkoba.

Dokter Aisah Dahlan, Kepala Unit Narkoba Rumah Sakit Bhayangkara Sespimma, Jakarta melukiskannya bak ujung kuku yang dicaput satu persatu, sakit luar biasa. Sekali mencoba tersiksa selamanya.

Lantas apa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah bahaya narkoba ini? Yang pertama adalah mencari tahu bahaya narkoba. Dengan mengetahui bahaya narkoba, tentu kita akan menjauhi bahaya itu. Siapa juga yang ingin mendekati bahaya?

Kedua, menghadapi masalah dengan benar dan baik. Percayalah! Siapapun kalian, setiap masalah yang datang pada kalian adalah masalah yang mampu anda selesaikan dengan izin Allah. Ingatlah bagaimana orang tua kalian membesarkan kalian dengan susah payah. mereka membesarkan kalian agar kalian menjadi manusia hebat dan bermanfaat. Menyerah bukanlah jawaban untuk seluruh masalah.

Waspada narkoba!

 

Contoh Teks Persuasi Singkat Tentang Pendidikan

boy writing on printer paper near girl

Mari Belajar Sungguh-Sungguh

Kenapa kita harus belajar? Karena belajar adalah kebutuhan setiap orang. Tanpa belajar (bersungguh-sungguh), seseorang tidak akan pernah mendapatkan ilmu atau pelajaran.

Hal ini diperkuat dengan perkataan Yahya bin Abi Katsir Rahimahullah, Ilmu tidak akan diperoleh dengan tubuh yang santai.

Percaya atau tidak, setiap orang pasti akan membutuhkan ilmu. Tanpa ilmu, manusia akan berjalan tanpa pedoman dan bertingkah tanpa alasan.

Setelah kita mengetahui pentingnya ilmu ini, bagaimana kita bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu tersebut dan mencari ridho Pemberi ilmu.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencari ilmu. Salah satunya adalah sekolah. Tapi, apakah benar kalian sekolah untuk mencari ilmu? Dan menunggu-nunggu guru dengan persiapan yang matang?

Selagi kegiatan sekolah kita didasari dengan rasa butuh, haus dan rakus akan ilmu, maka telah benar tujuan sekolah kita. Namun, apabila kita sekolah hanya ikut-ikutan, hanya menunggu waktu istirahatnya, hanya tidur ketika pelajaran. Buat apa kita sekolah?

Kalau memang ingin bermain kan nggak usah sekolah. Kalau sekolah hanya tidur, mending di rumah aja kan?

Jadi, marilah kita ingat kembali tujuan utama kita. Kita bisa lihat bagaimana mereka orangtua dan para guru-guru telah berusaha semaksimal mungkin. Apakah kita akan menyia-nyiakan mereka?

Yuk sekolah yang bener!

 

Penutup

Demikian adalah beberapa contoh teks persuasi. Kalian boleh salin teks  di atas dengan mencantumkan sumber (tataotak.com).

Selamat belajar!

Tinggalkan komentar