Kode AdSense Anda

Cara Scan Dokumen di HP | Asli Gratis dan Gampang Banget !

Cara Scan Dokumen di HP – Terima kasih telah berkunjung di website kami. Kemajuan teknologi pada zaman ini telah banyak memudahkan beberapa pekerjaan manusia. Salah satunya adalah memindahkan dokumen asli menjadi E-Doc atau dokumen elektronik. Sehingga dalam bentuk dokumen elektronik tadi akan memudahkan pula untuk membagikannya ke orang yang kita mau.

Seperti yang telah kalian lihat pada judul, kali ini saya akan memberikan tips atau lebih tepatnya cara scan dokumen menggunakan/ lewat hp atau perangkat android kalian (tanpa menggunakan laptop atau printer epson 1360) menjadi file bentuk pdf/ jpg/ jpeg/ foto/ gambar. Penasaran bagaimana caranya? check it out!

 

1. Unduh Aplikasi Camscanner

Di langkah yang pertama ini, kita membutuhkan salah satu aplikasi scanner sebagai bantuan. Aplikasi tersebut adalah camscanner. Kalian bisa download aplikasi ini di play store android kalian. Kalian juga bisa mendownload aplikasi tersebut secara gratis dengan menekan link di bawah ini.

APLIKASI CAMSCANNER

Aplikasi ini memiliki banyak fitur. Walaupun fungsi utamanya adalah scan, namun beberapa penyesuaian pada objek yang kita tangkap juga menambah kenyamanan penggunaan aplikasi ini. Walaupun pada beberapa fitur mewajibkan penggunanya untuk mengupgrade akun ke premuim (berbayar), seperti fitur HD, Pro PDF editor, bahkan up cloud space to 10+ GB.

aplikasi scan dokumen dengan hp

2. Buka Aplikasi Cam Scanner

Setelah kalian download aplikasi camscanner di ponsel android kalian. Kalian bisa langsung buka aplikasi tersebut.

Pada awal pembukaan, kalian disuguhkan dengan akun premium (lewati) dan diperintahkan untuk masuk dengan menggunakan akun kalian, dengan maksud agar file yang kalian scan nantinya tidak hilang dan terhubung dengan akun tersebut. Namun, kalian juga dapat melewati opsi ini jika kalian tidak butuh backup file kalian.

Selanjutnya, kalian akan diminta untuk mengizinkan akses aplikasi terhadap file manager ponsel kalian. Setelah kalian tekan izinkan, maka camscanner akan dapat menyimpan hasil scan di file manager ponsel kalian.

cara scan dokumen di hp

cara scan dokumen di hp

cara scan dokumen di hp

 

 

3. Mulai Scan

Selanjutnya kalian bisa mulai scan (pemindaian) dengan menekan icon camera di sebelah kiri bagian bawah.

Di sini juga kalian diminta perizinan atas penggunaan kamera. Karena, aplikasi ini menggunakan kamera sebagai scanner untuk mengambil gambar. Tekan izinkan.

Arahkan kamera ke dokumen yang hendak kalian scan. Pastikan adanya pencahayaan yang baik untuk dokumen yang hendak difoto. Kemudian ambil gambar sesuai yang kalian ingin untuk cantumkan.

cara scan dokumen di hp

cara scan dokumen di hp

 

4. Sesuaikan Gambar

Setelah kalian ambil gambar, kalian juga bisa sesuaikan gambar yang kalian ambil tadi.

Kalian bisa sesuaikan pencahayaan dengan opsi yang kalian minati. Pastikan juga tulisan pada dokemen yang kalian ambil apakah terbaca atau tidak.

Cara scan buku dengan hp

 

5. Beri Nama dan Simpan

Setelah itu, kalian bisa beri nama dokumen yang kalian ambil. Caranya, kalian tinggal menekan tulisan di bagian atas (seperti pada gambar). Kemudian tuliskan nama sesuai yang kalian inginkan.

 

cara ubah dokumen menjadi gambar cara ubah dokumen menjadi foto

Kemudian, untuk menyimpan ke perangkat kalian, kalian harus tekan tahan pada gambar yang kalian pilih. Hingga muncul beberapa opsi di bagian bawah (seperti pada gambar).

cara dokumen menjadi foto dengan menggunakan android

Kemudian tekan simpan ke perangkat. Dengan begitu, hasil scan dokumen tadi akan tersimpan dalam bentuk jpg. Dokumen tadi akan tersimpan di file manager > Pictures (dengan nama sesuai yang kalian berikan tadinya).

Di opsi bagian bawah tadi juga, kalian bisa langsung membagikan hasil-hasil gambar/foto (scan) dokumen kalian langsung dengan bentuk pdf.

itulah cara scan dokumen di hp versi tataotak.com . Terima kasih!

Tinggalkan komentar