Kode AdSense Anda

Cara Mengusir Ular Terampuh dan Efektif

Cara Mengusir Ular – Bicara tentang ular, pasti sudah terbayang jelas di pikiran kita tentang hewan melata dengan suara desis menakutkan yang banyak hidup di Indonesia. Terutama di daerah pedesaan yang masih terdapat banyak hutan, persawahan dan semak belukar.

Selain banyak ditemui, hewan ini juga terkenal dengan bahaya bisa dan racunnya yang bisa saja meracuni dan membunuh siapapun yang terkena gigitannya. Walaupun tidak semua ular berbisa, namun ada juga yang memiliki kemampuan melilit dan mencekik mangsa, hingga tidak bergerak serta menelannya bulat-bulat.

Tentu kita semua tidak ingin itu semua terjadi pada keluarga dan kerabat kita. Dengan begitu, kita harus mencari cara ampuh, efektif dan irit serta hemat untuk mengusir ular dan mencegahnya untuk datang ke lingkungan kita. Pastinya bukan dengan garam. Karena ular tidak takut dengan garam.

Bagaimana caranya? Yuk tuntaskan beberapa cara dan tips and trik berikut. Selamat mencoba!

 

Menggunakan Wewangian yang Tidak Disukai Ular

Siapa sangka dengan menggunakan minyak wangi atau wewangian dapat mengusir ular dengan sangat ampuh. Faktanya, memang reptil ini sangat tidak suka dengan aroma yang dihasilkan oleh wewangian.

Kalian bisa gunakan parfum atau minyak wangi yang kalian punya. Kalian juga bisa gunakan pewangi ruangan, agar rumah tetap wangi dan menjadi tempat yang tidak nyaman bagi ular. Dengan begitu, ular tidak akan betah berada di rumah kalian.

 

Baca juga:

√ 23+ Cara Mengusir Tikus Mudah, Alami & Aman [Terampuh]

 

Memanfaatkan Minyak Kayu Manis dan Cengkeh

Cengkeh dan Kayu Manis hd

Campuran minyak kayu manis dan minyak cengkeh adalah salah satu bahan ampuh yang bisa kalian gunakan untuk membasmi ular. Caranya pun sangatlah mudah. Kalian tinggal campurkan kedua bahan tadi, yaitu minyak kayu manis dan minyak cengkeh.

Setelah kalian siap dengan cairan pembasmi ular tersebut, kalian bisa langsung semprotkan secara menyebar ke ujung-ujung ruangan atau area yang disukai dan sering dilewati ular.

Kalian juga bisa menyemprotkan langsung ke arah ular. terutama ke area kepalanya. Namun, perlu kehati-hatian terhadap bisa dari ular yang dapat menyerang secara tiba-tiba kapan pun.

 

Gunakan Pembersih Lantai

Menggunakan pembersih lantai seperti karbol adalah salah satu cara ampuh untuk mengusir serta membasmi ular.

Cara ini dapat kalian lakukan karena cairan pembersi lantai atau toilet tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya. Cairan karbol dapat menyebabkan iritasi pada kulit manusia.

Gunakan cairan ini untu disemprotkan ke arah hewan tersebut. Cairan ini dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa sensor yang dimiliki ular. Sehingga ular akan pergi menjauh.

Namun, kalian juga harus tetap waspada. Karena, tidak menutup kemungkinan bagi ular untuk tetap melawan atau malah menjadi ganas setelah terkena cairan berbahaya tadi.

 

Menggunakan Cuka

cara mengusir ular dengan sulfur

Cuka adalah cairan alah satu cairan jenis asam. Apabila cairan ini terkena tubuh ular, tentu ular akan memberikan reaksi karena kulitnya yang terluka tadi.

Kalian cukup sediakan cuka putih dan siramkan di sekeliling tubuh ular. Dengan begitu ular akan merasa kesakitan bahkan mati.

 

Belerang

Cara mengusir ular dengan sulfur

Belarang atau sulfur adalah salah satu bahan alam yang berbau menyengat. Bau dan aroma pekat yang dihasilkan oleh sulfur belerang ini pun sangat tidak disukai oleh ular. Oleh karena itu, dengan menggunakan sulfur belerang sebagai pengusir ular adalah salah satu cara efektif yang harus kalian coba.

Caranya cukup mudah. Kalian tinggal taburkan sulfur belerang ini di area-area yang sering dilewati oleh ular. Seperti loteng, area kebun tanaman-tanaman dan di tumpukan-tumpukan batu dan kayu.

 

Amonia

Amonia adalah salah satu zat kimia yang biasanya digunakan untuk campuran pembersih. Amonia memiliki dua jenis. Yaitu Amonia jenis cairan dan amonia jenis gas.

Selain berbahaya bagi ular, amonia juga dapat berbahaya bagi manusia. Terutama Amonia jenis gas.

Caranya sangatlah mudah. Buatlah campuran Amonia dan air. Kemudian semprotkan ke area-area yang biasa dilewati ular.

Kalian juga bisa menyemprotkan cairan ini secara langsung ke arah hewan tersebut ketika muncul.

Dengan begitu, kulit ular akan terluka akibat zat kimia berbahaya yang terkandung pada Amonia.

 

Baca Juga:

Cara Mengusir Laron

 

Cabai

Cabai rawit merah hd

Kalian pernah dengar istilah wedangen? Atau bahkan kalian pernah merasakannya? Ketika tangan menyentuh bagian dalam atau cabai yang telah halus dalam waktu lama. Tangan biasanya akan merasa agak panas karena kandungan pedas pada cabai.

Ternyata rasa ini juga dapat berefek pada kulit ular. Karena itulah cara ini menjadi salah satu cara efektif an ampuh untuk mengusir ular.

Kalian cukup haluskan beberapa cabai rawit merah. Kemudian taburkan dan ratakan di daerah yang kerap menjadi sarang ular.

 

Menggunakan Bawang Merah dan Putih

Tidak berbeda jauh dengan cara di atas. Cara mengusir ular kali ini adalah dengan menggunakan bawang merah dan putih, juga dapat memberikan efek panas kepada kulit ular.

Sebagaimana manusia biasa merasakan perih di mata ketika menghaluskan bawang, ternyata rasa ini juga dirasakan oleh ular apabila terkena campuran bawang.

Caranya sangatlah mudah. Kalian tinggal haluskan dan bawang merah dan bawang putih. Kemudian campur keduanya. Ratakan campuran tersebut pada daerah yang sering dihinggapi ular.

 

Melakukan Pencegahan

Selain menggunakan cara di atas untuk membasmi ular. Melakukan pencegahan juga menjadi aspek penting yang harus diterapkan agar ular tidak mendatangi dan nyaman berada di lingkungan kita.

1. Rutin Memotong Rumput

Pencegahan yang pertama adalah dengan memotong rumput. Dengan rutin memotong rumput, tentu akan mengurangi tempat persembunyian bagi para predator ganas seperti ular ini. Selain rumput atau semak belukar yang kerap menjadi tempat persembunyian bagi si ular adalah diantara pepohonan bambu.

2. Hindari Menyirami Rumput

Rumput memang kerap menjadi tempat persembunyian bagi ular. Terlebih lagi rumput-rumput yang tinggi dan subur.

Oleh karena itu, janganlah kalian menyebabkan rumput tumbuh subur dengan cara menyiraminya. Kalaupun itu rumput hias, pastikan kalian rutin memotong pendek tumput tersebut.

3. Meletakkan Sarang Hewan Peliharaan ke Tempat yang Aman

Selain berbahaya bagi manusia, tentu ular juga berbahaya bagi hewan peliharaan kalian. Salah satu cara yang dapat kalian lakukan agar hewan peliharaan kalian aman dari serangan ular adalah dengan meletakkannya ke tempat yang aman.

Kalian bisa letakkan sarang ewan kalian di tempat yang sulit dijangkau predator ini. Deperti digantung di langit-langit (sangkar burung) dan letakkan di dalam rumah (sangkar kucing, hamster, dan lain-lain).

4. Tidak Membuat Kolam Ikan Air Tawar

Seperti yang telah kita ketahui, Ular adalah salah satu hewan reptil berbahaya yang dapat berenang dan berkembang biak dalam air. Walaupun sarang mereka terletak di daratan kering.

Oleh karena itu, ular bisa saja menjadikan kolam tersebut sebagai tempat persembunyian. Bahkan mungkin dapat menjadi tempat mencari makan bagi para ular apabila terdapat ikan-ikan kecil terdapat di dalamnya.

Jikalau kalian ingin memelihara ikan, ikan hias terutama. Pastikan kalian meletakkan ikan-ikan tersebut di aquarium. Tidak cukup hanya dengan meletakkannya di dalam aquarium. Pastikan aquarium kalian juga terletak di tempat yang agak tinggi atau berada dalam rumah.

5. Tidak Menggunakan Batu Besar Sebagai Penghias Taman

Tidak beda jauh dengan rumput yang panjang. Batu besar bisa saja menjadi tempat persembunyian bagi ular. Apabila kalian menjadikan batu-batu besar sebagai hiasan, maka sebaiknya ganti dengan batu-batu kecil. Kalian bisa dapatkan batu hias ini di toko ikan dan aquarium.

Selain lebih indah karena warna warni, batu-batu kecil ini juga lebih aman dan tidak berpotensi menjadi tempat persembunyian bagi ular.

6. Menutupi Retakan Tanah dan Dinding

Siapa sangka retakan tanah dapat menjadi tempat persembunyian bagi reptil seperti ular. Terutama ular yang berukuran kecil. Dan tidak menjadi alasan bagi kita untuk tidak mencegah ular tersebut, walaupun berukuran kecil. Bisa jadi yang kecil itu beracun dan bisa membahayakan orang-orang yang kita sayang.

Lantas, apa tindakan yang harus kita ambil untuk mengatasi masalah ini? Caranya mengatasi masalah ini sangatlah mudah. Kalian hanya perlu siapkan larutan semen dan air dengan takaran sesuai retakan / pecahan dinding dan tanah sekitar lingkungan kalian. Kalian juga bisa menyampurkannya semen tadi dengan pasir.

Dengan begitu, ular tidak akan bersarang dan bersembunyi di pecahan/ retakan dinding ataupun tanah kalian. Selain ular, kalian juga telah mencegah perkembangbiakan cicak dengan mengurangi tempat-tempat yang berpotensi untuk menjadi tempat tinggal bagi hewan pengganggu tadi.

 

Tali Ijuk

Ijuk adalah salah satu bahan alam yang dapat anda gunakan untuk mengusir ular. Tidak perlu repot-repot mencari ijuk. kalian hanya perlu gunakan keset berbahan ijuk. Keset berbahankan ijuk ini sangat mudah kalian dapatkan.

Dengan menggunakan keset berbahan ijuk ini, maka ular yang melewatinya akn merasa terganggu dengan teksturnya yang kasar dan pergi menjauhi. Maka usahakan untuk memasang keset berbahankan ijuk di sekitar pintu rumah kalian.

 

Gunakan Pagar dan Jaring-jaring Ventilasi

Salah satu ciri rumah sehat adalah memiliki ventilasi sebagai tempat keluar-masuknya udara. Rumah yang tidak memiliki ventilasi pasti apek, panas dan pengap. Namun, dibalik manfaat ventilasi juga terdapat dampak buruknya.

 

Baca Juga :

Cara Mengusir Nyamuk Terampuh

 

Gunakan Tanaman Pengusir Ular

Selain mencegah dengan cara-cara di atas, kalian juga tanam beberapa tanaman berikut untuk digunakan sebagai hiasan dan pengusir ular. Apa saja tanaman itu?

  1. Marigold : adalah tanaman yang umumnya digunakan untuk mengusir hama. Akar tanaman ini memiliki aroma dan bau yang pekat sehingga dapat mengusir banyak hama dan binatang di kebun.
  2. Lidah Mertua : Bentuk daun yang tajam dan berpola membut ular dan reptil lainnya takut ketika mendekati tanaman ini. Kemudahan dalam merawat tanaman ini juga menjadi tanaman ini direkomendasikan untuk kalian yang tidak memilii banyak waktu untuk merawat tanaman.

Darurat

Apabila ular masuk ke rumah anda pastikan anda melakukan hal-hal berikut:

1. Gunakan tongkat panjang yang bercabang di Ujung

Tongkat / kayu panjang adalah alat yang mudah dijumpai di rumah. Kalau perlu, sediakan tongkat ini untuk berjaga-jaga. Cabang di ujung tongkat dapat kalian gunakan untuk mengunci pergerakan kepala si ular agar tidak bergerak-tiba-tiba menyerang.

2. Jaga Jarak

Menjaga jarak ketika ada hewan berbahaya adalah hal terpenting yang harus anda perhatikan. Karena hal ini juga, kalian disarankan menggunakan alat seperti tongkat sebagaimana cara di atas.

Dengan menjaga jarak, tentu membuat anda lebih aman dari serangan ular.

3. Pastikan kalian sedia Serum Anti Bisa Ular

Serum ini dapat kalian dapatkan di rumah sakit atau RSUD terdekat.

 

Tips Tambahan

1. Usahakan Jangan Dibunuh

Sebagai sesama makhluk hidup, pastikan kalian tidak menyiksa ular. Usahakan juga untuk tidak membunuhnya, terutama bagi kalian yang bertempat tinggal di desa atau sekitar persawahan, perkebunan ataupun hutan.

Ada baiknya juga kita membiarkan ular kembali ke habitatnya, selain agar tidak punah, rantai makanan yang normal juga harus tetap dijaga. Sebagaimana juga kita tidak ingin banyaknya jumlah tikus yang meroket akibat punahnya ular karena diburu. Bahkan dengan banyaknya tikus yang hidup juga malah mebuat gagal panen dan lain sebagainya.

2. Pentingnya Pencegahan

Dibalik pentingnya teknik untuk mengusir ular, juga ada yang harus lebih kalian perhatikan, yaitu teknik pencegahan. Dengan melakukan cara dan tips-tips di atas tadi, pasti kalian bisa cegah ular untuk datang ke rumah kalian.

3. Menambah Referensi

Mungkin penjelasan dengan kata-kata masih belum terlalu detail untuk menggambarkan tentang action apa yang harus kita lakukan ketika ada ular yang berada di lingkungan kita. oleh karena itu melihat tutorial dalam bentuk video (video cara mengusir ular) juga hal yang sangat diperlukan.

4. Pentingya Berdoa

Dibalik segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini pasti dalam kekuasaan dan kehendak tuhan. oleh karena itu, berdoa dan tawakkal adalah hal yang tidak boleh kita lupakan setelah berusaha. Salah satu cara bertawakkal adalah berdoa serta meminta keamanan dan keselamatan.