Kode AdSense Anda

Cara Mengusir Nyamuk Terampuh

Cara Mengusir Nyamuk – Nyamuk adalah salah satu hewan yang termasuk dalam kelas serangga. Lebih simpel dan gregetnya, biasa disebut sebagai serangga pengganggu. Bagaimana menurut kalian? Apakah menurut kalian serangga ini mengganggu?

Bagi kalian semua yang telah mengunjungi halaman ini. Pasti kalian merasa terganggu dengan keberadaan dan aktivitas para nyamuk.

Perlu kalian ketahui. Selain mengganggu, ternyata hanya melewati gigitannya saja, hewan ini dapat menyebabkan datangnya penyakit-penyakit berbahaya. Seperti demam berdarah, Malaria, Zika, dan Chikungunya.

Tentu kita semua tidak ingin keluarga dan orang-orang terdekat kita terjangkit penyakit-penyakit ini bukan? Lantas bagaimana cara mengusir nyamuk dari tubuh, dan dari lingkungan kita?

Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk mengusir nyamuk pilihan tataotak. Mulai dari cara beberapa Tips mengurangi perkembangbiakan nyamuk atau tips tentang cara mengusir nyamuk yang paling sederhana, alami, hingga memanfaatkan alat-alat modern yang ampuh pastinya. Selamat membaca dan mencoba!

Melakukan Gerakan 3 M Plus

cara mencegah nyamuk 3m plus
guwosari-bantul.desa.id

Metode ini sangatlah terkenal. Bahkan banyak poster serta video persuasif telah beredar di kalangan masyarakat. Dengan tujuan agar rakyat indonesia melakukan kegiatan 3 M plus ini sebagai pencegahan penyakit akibat nyamuk.

Sebenarnya bukan hanya 3M plus. Ada juga yang menyebut dengan 4M plus. Ada juga yang menyebut dengan 5M. Lantas apa yang dimaksud dari kalimat tersebut?

3M yang dimaksud adalah : Menguras, menutup, dan mengubur. Mari kita bahas satu-persatu.

 

Menguras

Kalian dapat lakukan kegiatan yang pertama ini di tempat-tempat penampungan air. Seperti, bak mandi, tandon air, akuarium, vas bunga, tempat minum burung, dan tempat penampungan air lainnya.

Kalian dapat lakukan kegiatan ini rutin selama 1-2 kali dalam seminggu.

Perlu diketahui, bahwa siklus metamorfosis nyamuk dewasa berlangsung selama 8 hingga 10 hari. Dengan mengosongkan tempat-tempat penampungan secara berkala, kalian akan memutus siklus hidup nyamuk tadi.

 

Menutup

Nah, di M yang kedua ini. Kita akan bahas mengenai pentingnya menutup. Pastinya setelah kegiatan yang pertama, menguras.

Yang dimaksud yaitu menutup rapat-rapat tempat penampungan air yang ada di sekitar kita. Baik yang di dalam hingga yang diluar rumah.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengurangi potensi tempat yang terdapat genangan air menjadi sarang dan tempat berkembang biak nyamuk.

Adapun jika kalian punya wadah yang tidak digunakan, kalian bisa tengkurapkan wadah-wadah tersebut. Agar tidak menjadi genangan air ketika hujan, dan menjadi sarang serta tempat nyamuk berkembang biak.

Perlu kalian ketahui, bahwa nyamuk betina akan memanfaatkan air yang tergenang sebagai tempat bertelur.

 

Mengubur

M yang ketiga adalah mengubur. Yaitu mengubur semua objek yang berpotensi menjadi penampungan air. Terutama setelah turunnya hujan. Seperti kaleng bekas, dan wadah plastik.

Namun, dalam gerakan 3M yang telah diperbaharui. M yang ketiga (mengubur) ini tidak menjadi hal yang dianjurkan. Karena dapat mengakibatkan polusi tanah.

Sebagai pengganti, pemerintah menganjurkan untuk mendaur ulang sampah-sampah anorganik menjadi barang-barang yang dapat digunakan kembali.

 

Plus

Karena tadi kita bilang 3M plus. Maka plus disini pasti ada apa-apanya. Yang dimaksud plus disini adalah upaya pencegahan. Seperti menaburkan bubuk larvasida, menanam tanaman pengusir nyamuk, dan menggunakan anti nyamuk.

 

Warna cat yang dibenci Nyamuk

Siapa kira, ternyata salah satu serangga pengganggu nan berbahaya ini tidak menyukai warna-warna berikut. yuk aplikasikan warna-warna tersebut di lingkungan kita. Kira-kira warna apa saja ya.. Ada yang tahu?

Simak penjelasan berikut!

 

1. Warna Putih

cat tembok warna putih photography
www.home-designing.com

Berdasarkan riset penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, hewan nyamuk memiliki kecenderungan menyukaiwarna-warna gelap.

Mangkannya tuh biasanya para nyamuk beterbangan di atas peci kalian, atau jeket kalian yang berwarna hitam. Sebenarnya bukan hanya hitam sih. Biru dongker (navy blue) biru tua, abu-abu tua, adalah contoh-contoh warna gelap selain warna hitam.

Dan perlu diketahui, warna-warna itu tidak hanya berlaku kepada baju, celana atau pakaian lainnya saja. Melainkan, juga berpengaruh kepada barang barang lainnya. Mulai dari barang-barang ang berada di dalam ruangan (interior) maupun yang berada di luar ruangan (exterior).

Dengan menggunakan warna cerah juga dapat menangkal penyerapan kadungan CO2 yang dikeluarkan oleh tubuh. Dan apabila warnanya semakin terang, maka akan semakin menangkal penyerapan gas yang disukai oleh nyamuk ini.

Kalian bisa terapkan hal ini di rumah kalian masing-masing. Cobalah untuk mengganti desain warna rumah kalian menjadi warna yang lebih cerah seperti warna putih.

Usahakan kalian terapkan warna ini di dinding-dinding, gorden, selimut, spray dan karpet rumah kalian.

 

2. Biru Kehijauan

cat tembok biru kehijauan cyan photography
www.hgtv.com

Nyamuk adalah hewan yang tidak dapat memiliki kemampuan untuk mengenal dan membedakan warna, atau bisa disebut hewan buta warna.

Dan warna biru kehijauan adalah salah satu warna berspektrum warna terang yang dapat menangkal gas CO2. Warna biru kehijauan yang dimaksud ada beberapa jenis. Ada Hijau Tosca, Cyan, Turquoise, Teal, Bondi Blue, Ming, Arctic, Aqua, dan masih banyak lagi.

 

3. Warna Hijau Sebagai Pengusir Nyamuk

cat tembok warna hijau
www.youtube.com/watch?v=-XkJ96iw1kA

Hijau merupakan warna yang natural dan kerap di asosiasikan dengan warna dedaunan tumbuhan atau pepohonan.

Selain dapat mengusir nyamuk karena warnanya yang terang, warna hijau juga mampu menjadi dekorasi yang cocok apabila dipadukan dengan tanaman-tanaman.

Kalian juga bisa meletakkan tanaman-tanaman hijau pengusir nyamuk seperti papermint, basil/selasih, dan serai.

 

4. Warna Kuning

Cat tembok warna kuning photography
www.crismatec.com

Selain memiliki kesan hangat, ceria, dan energik. Warna kuning juga memiliki Spektrum warna yang tinggi. Sehingga warna kuning menjadi warna yang paling dibenci oleh nyamuk.

Warna kuning yang dipadukan dalam dekorasi-dekorasi rumah juga membuat rumah kalian berkesan terang dan ceria.

Namun, dengan mengoptimalkan warna kuning pada rumah kalian juga dapat memberikan kesan panas. Jadi, kalian bisa padukan dengan warna-warna cerah lainnya seperti warna krem, putih dan lainnya.

 

Menggunakan Kelambu

cara mengusir nyamuk degan kelambu tidur
bukalapak.com

Siapa yang tidak tahu dengan benda yang satu ini. YA, kelambu. Kelambu merupakan pelindung yang terbuat dari kain tipis yang menerawang dan memiliki rongga-rongga serta dapat ditembus udara.

Kelambu berfungsi untuk menghalangi masuknya serangga-serangga kecil yang berkemungkinan untuk mengganggu bahkan menyakiti kita seseorang yang sedang istirahat.

Biasanya orang-orang menggantungkan kelambu di langit-langit atau dinding terdekatnya. hal ini dilakukan agar kelambu menjulur ke bawah dan menutupi tempat tidur.

Namun, pada zaman ini. Kelambu telah memiliki modifikasi dan bentuk berbeda-beda. Ada yang digantungkan di langit-langit, di gantung sekitar tembok, ada juga yang berbentuk seperti tenda setengah bulat dengan resleting sebagai pintu keluar masuknya.

Untuk hal ini, kalian bisa pilih macam selambu yang kiranya cocok/ sesuai dengan tempat tidur kalian dan mudah digunakan pastinya.

Kelambu berfungsi untuk menghalangi masuknya serangga-serangga kecil yang berkemungkinan untuk mengganggu bahkan menyakiti kita seseorangyang sedang istirahat.

 

Menanam Tanaman dan Bahan Rumahan Pengusir Nyamuk

Ada banyak tanaman yang dapat kalian manfaatkan untuk mengusir nyamuk. Apalagi alasannya kalau bukan karena khasiat dari tanaman itu sendiri. Berikut adalah beberapa tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

 

1. Rosemary

cara mengusir nyamuk dengan rosemary
www.amazon.in

Negara Indonesia memiliki intensitas sinar matahari yang lumayan tinggi. Hal ini membuat berbagai jenis tumbuhan menjadi gampang kering, tetapi tidak untuk rosemary. Tumbuhan ini memiliki kekebalan yang lumayan terhadap sinar matahari sehingga selain cocok untuk ditanam di dalam pot sebagai hiasan interior rumah, melepaskannya tumbuh di luar sebagai tumbuhan hias di taman pun tidak masalah.

Rosemary pun mampu menghasilkan bau yang kuat dan mencegah nyamuk dari rumah Anda. Memiliki Sifat fisik tegak dan tinggi sekitar 80-100 cm saat dewasa, rosemary akan menjadi pagar alami yang cantik untuk rumah Anda. Rosemary ini sangat direkomendasikan sebagai pencegahan pertama dari serangan nyamuk ke dalam rumah Anda.

 

2. Zodia

tanaman zodia

 

Zodia adalah tumbuhan yang hanya ditemukan di negara Indonesia. Tumbuhan ini juga sangat dikenal oleh mayoritas masyarakat papua. Mereka biasa menggunakan tanaman ini untuk mengusir serangga dengan mengusapkan daun zodia ke seluruh badan.

Tanaman ini dapat di tanam di dalam rumah, maupun di luar rumah sebagai pengusir nyamuk. Tanaman tersebut mengusir nyamuk dengan cara mengeluarkan bau atau aroma yang khas dan aroma tersebut tidak disukai oleh serangga termasuk nyamuk.

 

3. Paper Mint

paper mint
inforum.com

 

Siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini? Tanaman yang terkenal dengan aromanya yang dapat mengusir nyamuk secara signifikan dibandingkan dengan aroma kimia yang menyengat.

Para peneliti telah mengungkap bahwa papermint dapat mengusir nyamuk dengan cara mengoleskan papermint ke seluruh anggota tubuh.

Selain itu, larutan minyak papermint dapat membunuh larva nyamuk dalam waktu 24 jam setelah terkena larutan tersebut.

Maka dari itu, kalian bisa tanam papermint sebagai penyelesai masalah nyamuk di lingkungan kalian.

 

4. Serai

tanaman serai sereh
biodiversitywarriors.org

 

Serai atau Sereh Wangi Adalah tanaman yang sudah terkenal efektif dalam mengusir nyamuk. Efek yang ditimbulkan tanaman ini terhadap nyamuk patut untuk diberi jempol.

Sehingga tidak heran, mengapa ekstrak tanaman ini dijadikan sebagai salah satu bahan campuran lotion anti nyamuk.

Caranya pun sangatlah mudah. Kalian tinggal menanam tanaman ini di pekarangan atau pun di sekitar rumah anda agar mendapatkan efek pengusir nyamuknya.

Kemampuan tanaman ini dalam beradaptasi di berbagai iklim dan jenis tanah membuat tanaman ini mudah di rawat. Tinggi dewasanya mencapai 100 cm. Dan sangat disarankan untuk kalian yang tidak punya banyak waktu untuk mengurus tanaman.

 

5. Lavender

tanaman lavender photography
goodhousekeeping.com

Lavender bukanlah tanaman yang asing lagi. Tanaman ini dikenal dengan keindahan bunganya dan manfaatnya yang dapat mengusir nyamuk.

Bahkan sampai ada merek lotion yang bernama lavender karena berbahan dari ekstrak lavender serta tanda begitu khasiat lavender sebagai pengusir nyamuk.

Kalian tinggal tanam tanaman ini di kebun kecil atau pun pot dan diletakkan di dekat pintu atau jendela rumah kalian. Ntar nyamuknya nggak berani masuk.

 

6. Catnip

tanaman catnip
heritageoils.com.au

Catnip adalah tanaman yang sangat disukai atau dapat mengundang daya tarik kucing dan kupu-kupu. Banyak pula yang mengatakan bahwa catnip adalah ganjanya si kucing.

Tanaman ini dapat diseduh untuk menghasilkan teh herbal atau sebagai kuliner herbal untuk berbagai hidangan.

Faktanya, catnip termasuk sebagai laporan pada pertemuan nasional ke-222 American Chemical Society, telah menunjukkan bahwa catnip 10 kali lebih efektif dalam mengusir nyamuk daripada DEET (zat pembunuh serangga)

 

8. Daun Selasih

tanaman selasih basil pengusir nyamuk
supplybunny.com

Benarkah daun selasih dapat mengusir nyamuk? Bagaimana cara kerjanya?

Pasti kalian semua sudah familiar dengan nama selasih ini. Atau mungkin kalian lebih mengetahui bijinya dari pada tanamannya?

Selasih juga disebut dengan nama basil. Merupakan tanaman semak tahunan yang bisa di tanam di dalam ruangan.

Selain menjadi hiasan, tanaman selasih juga dapat mengusir nyamuk di sekitarnya dikarenakan aroma yang dihasilkannya. Kalian bisa letakkan tanaman-tanaman ini di dekat jendela atau pintu di mana nyamuk biasa beterbangan keluar masuk.

 

10. Kamboja

Pohon kamboja pengusir nyamuk
id.pinterest.com

Tanaman yang terkenal dengan kekeramatannya ini adalah tanaman yang sering ditemukan di daerah pemakaman. Meski begitu, bukan berarti tanaman ini tidak dapat ditanam di pekarangan rumah anda.

Selain manfaat yang timbul karena aromanya yang dapat mengusir nyamuk, tanaman ini juga mempunyai bunga yang indah berwarna putih dan sedikit kekuningan di pinggirannya.Bunga yang indah itu bisa menjadi hiasan yang membuat banyak orang berdecak kagum karena keindahan bunganya.

 

11. Kayu Putih

tanaman kayu putih pengusir nyamuk
forestryinformation.wordpress.com

Jika anda memiliki tanah atau lahan yang kosong. Cobalah untuk menanam kayu putih. Tanaman ini menghasilkan aroma terapi yang dapat mengusir nyamuk dan membuat suasana rileks bagi siapa saja yang mencium baunya, kecuali serangga seperti nyamuk.

Kalian juga dapat gunakan minyak kayu putih sebagai lotion anti nyamuk pelindung kulit kalian. Kalian bisa dapatkan minyak ini di toserba terdekat.

Anda bisa tanam tanaman ini di dalam maupun di luar ruangan.

 

12 Kulit Jeruk

kulit jeruk hd photography
dekoruma.com

Salah satu ampuh untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk sendiri mengandung senyawa limonene yang terbukti mampu mengusir nyamuk.

Kandungan sennyawa pada kulit jeruk ini dapat mencapai sekitar 94%. Dan pada zaman kini , kulit jeruk telah di kembangkan menjadi beberapa kreasi pengusir nyamuk. Seperti spray dan lotionanti nyamuk yang berbahankan ekstrak kulit jeruk.

Dan salah satu dari banyaknya kreasi dari kulit jeruk adalah MANDLE (Magic Orange Peel Waste Candle). Yaitu salah satu karya Universitas Brawijaya melalui PKMK (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan).

MANDLE merupakan inovasi lilin yang memanfaatkan limbah kulit sebagai penerang, pengharus sekaligus pengusir nyamuk dan didesain tahan lama.

Kalian bisa dapatkan

 

Menggunakan Spray Anti Nyamuk atau Obat Nyamuk

cara mengusir nyamuk dengan spray anti nyamuk

Cara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan spray atau obat nyamuk bakar.

Spray anti nyamuk digunakan dengan cara menyemprotkannya ke seluruh sudut ruangan. Setelah itu diamkan ruangan tersebut dengan keadaan tertutup.

Tak lama kemudian, nyamuk di ruangan itu akan pergi atau bahkan mati di tempat.

 

Adapun obat nyamuk bakar, seperti namanya cara menggunakannya yaitu dengan membakarnya.

Obat nyamuk bakar itu akan menyala dalam bentuk bara dan mengeluarkan asap beracun bagi nyamuk. Bara yang menyala akan terus berlanjut hingga ujung dari obat nyamuk bakar tersebut.

Obat nyamuk bakar biasanya di letakkan di sekitar tempat kita tidur. Dengan harapan nyamuk tidak mendekat atau teracuni oleh asap obat nyamuk bakar tadi.

Perlu diperhatikan juga untuk penggunaan kedua anti nyamuk ini. Bahwasannya, cairan yang disemprotkan atau asap hasil bakarannya berbahaya apabila sampai terhirup, apalagi dalam skala besar.

Jadi perlu kewaspadaan dalam mengunakan anti nyamuk ini.

Kalian juga bisa gunakan alat elektronik pengusir nyamuk yang biasanya menggunakan cara pembakaran secara elektronik terhadap bahannya. Dan bahan tersebut dapat berbentuk padat atau cair. Tergantung alat seperti apa yang anda gunakan.

 

Menggunakan Lotion Anti nyamuk

lotion pengusir nyamuk

Dengan menggunakan lotion anti nyamuk adalah salah satu cara ampuh yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Mengoleskan lotion anti nyamuk ke permukaan kulit dapat mencegah mendekatnya nyamuk ke arah kulit yang telah diolesi lotion.

Namun, perlu diperthatikan juga dalam penggunaan lotion anti nyamuk. Pastikan kalian tidak sampai mengoleskannya hingga ke area mata dan mulut.

Kalian juga perlu untuk mencuci tangan terlebih dahulu setelah bangun dari tidur, apalagi hendak makan. Karena bisa saja lotion yang kalian gunakan berbahaya bagi kesehatan pencernaan apabila makanan yang kita konsumsi tercampur dengan bekas lotion yang masih menempel di tangan kita.

 

Gunakan Aplikasi atau Software Anti Mosquitoes

Nah, kini kami juga punya solusi yang lumayan unik tapi manjur nih. Yaitu menggunakan aplikasi anti nyamuk.

Jadi, sekarang kalian tidak perlu keluar rumah untuk bingung mencari obat nyamuk atau lotion dan semacamnya. Kalian cukup buka play store pada ponselpintar atau hp kalian dan download beberapa aplikasi rekomendasi kami berikut.

Aplikasi apa sajakah itu? berikut :

  • Insect repellant
  • Mosquito Sound
  • Frequency Generator

Nyamuk adalah hewan yang tidak betah berada di area yang berfrequensi suara tertentu. Dengan menggunakan beberapa aplikasi tadi, akan mengeluarkan suara berfrequensi yang telah ditentukan khusus untuk mengusir nyamuk.

Tertarik untuk mencoba?

 

Cara Membuat Perangkap Nyamuk

Berbeda dengan kelambu/selambu yang menghalangi masuknya nyamuk. Kali ini perangkap nyamuk adalah cara yang dapat kita gunakan untuk mengusir nyamuk. Bagaimana caranya?

 

cara mengusir nyamuk dengan perangkap botol

  1. Pertama, kalian harus menyiapkan botol sebagai wadah perangkap.
  2. Potong botol dan pasang seperti gambar di bawah.
  3. Masukkan campuran 50 gram gula merah, bawang putih dengan larutan air panas dan campur dengan sesendok ragi apabila telah dingin.
  4. Jangan lupa untuk menutup sela sela botol dengan lakban hitam atau selotip.
  5. tempatkan botol-botol ini di sudut-sudut ruangan.

Dengan cara ini, nyamuk akan masuk dengan maksud hendak bertelur di cairan tadi. Namun, campuran bahan-bahan tadi telah membuat telur-telur tersebut mati.

 

Menggunakan Cara Manual

cara mengusir nyamuk dengan sapu lidi
elevenia.co.id

Pada cara manual ini pun dapat kalian lakukan kapanpun dan di manapun kalian berada. Tergantung keinginan dan kesiapan diri kalian.

Cara ini juga pasti akan mengurangi jumlah nyamuk yang ada. Apalagi ketika kalian melakukannya di ruangan yang tertutup. Seperti rumah atau kamar dan telah tertutup pintu-pintu dan jendela-jendalanya.

Untuk membantu usaha kalian dalam membunuh nyamuk ini, kalian bisa gunakan raket elektrik/ raket nyamuk atau sapu lidi. Dengan menggunakan kedua alat. tadi, maka kalian pasti akan leluasa menangkap nyamuk-nyamuk yang berkeliaran.

Panen dah.

 

Cara Mengusir Nyamuk dengan Air Sabun

cara mengusir nyamuk dengan air sabun
123rf.com
Apakah kalian punya meja khusus untuk menyimpan makanan di atasnya? Biasanya meja ini berada di tengah atau tidak menempel dengan tembok. Kemudian, di setiap kaki meja terdapat wadah yang berisi air sabun.
Hal ini dilakukan agar tidak ada semut yang naik ke atas dan genangan air tadi tidak menjadi tempat bertelur bagi para nyamuk. dan nyamuk akan terperangkap ke dalam air sabun tadi.
Namun, jangan lupa untuk mengganti air ini rutin setiap dua hari atau dua kali dalam seminggu.

Penutup

Itu tadi adalah beberapa cara ampuh untuk mengusir dan menjerat nyamuk. Dari semua cara tadi, mana yang menurut kalian paling ampuh? Jawab di kolom komentar ya..

Jangan lupa untuk baca artikel lainnya di tataotak.com

Tinggalkan komentar