Kode AdSense Anda

Cara Mengusir Laron

Cara Mengusir Laron – Pada kesempatan kali ini, tataotak akan memberikan beberapa cara untuk mengusir laron. Dimana pada artikel lainnya juga telah kita bahas mengenai cara mengusir lalat.

Laron adalah puncak tahapan metamorfosis (imago) dari hewan rayap (cara mengusir rayap). Biasanya, laron banyak keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada Awal musim penghujan. Pada waktu petang hari hingga malam hari, dan selalu mengelilingi cahaya.

Inilah mengapa di rumah kita terutama pada saat musim penghujan selalu terdapat pemandangan laron-laron menyerbu, dan tidak sedikit dari mereka yang mengganggu aktivitas kita.

Lantas bagaimana cara yang efektif dan ampuh untuk mengusir mereka semua?

Simak beberapa penjelasan berikut tentang cara/ tips dan trik mudah untuk membasmi/ mengusir laron.

 

1. Menggunakan Baskom/ Wadah berisikan Air di Bawah Pencahayaan

cara mengusir laron dengan wadah air

Pernahkah kalian melihat salah satu episode di film kartun Upin dan Ipin yang bertemakan hujan dan laron? Lantas, apa yang dilakukan Upin, Ipin, Kak Ros serta Opah ketika melihat gerombolan laron yang mengganggu aktivitas mereka?

Yup benar sekali, mereka meletakkan bak berisi air tepat di bawah lampu. Usahakan untuk menaruh wadah / bak berisi air ini di lampu atau penerangan paling besar.

Dengan meletakkan wadah berisikan air di bawah lampu. Maka, air akan memantulkan cahaya dari lampu yang berada di atasnya. Sehingga laron yang menyukai cahaya tidak akan mampu membedakan antara cahaya lampu dan mana yang air.

Dan seiring berjalannya waktu, laron akan terjebak / terperangkap masuk kedalam air yang memantulkan cahaya dari lampu.

Boleh dicoba nih..

 

2. Menggunakan Cabai Merah

cara mengusir laron dengan cabai merah

Jika membaca sub judul kali ini. Tentu kalian sedikit merasa aneh atau heran. Bagaimana bisa sebuah cabai merah mengusir laron? Bagaimana sih caranya? Bagaimana cara kerjanya?

Jadi, yang harus kita lakukan adalah dengan mengikat atau menggantungkan cabai merah di sekitar para laron beterbangan. Jangan lupa juga untuk membelah cabai tersebut dengan beberapa belahan.

Hal ini dilakukan karena pada bau yang dihasilkan oleh cabai tidak disukai oleh laron dan membuta para laron menjauhinya (mengusir).

Kalian bisa gunakan segala jenis cabai, lebih pekat aromanya, maka lebih baik. Jangan lupa juga untuk meletakkannya di dekat pencahayaan atau lampu. Agar panas dari lampu membuat aroma cabai menguap dan menyebar dengan pekat.

 

3. Cara Mengusir Laron Menggunakan Semprotan / Apray Anti Serangga

Cara mengusir laron dengan spray anti serangga

Kalau cara yang satu ini, kalian pasti sudah tau. Karena cara ini juga biasa digunakan untuk mengusir serangga kecil pengganggu lainnya. Seperti lalat, kecoa, dan nyamuk pastinya.

Kalian bisa dapatkan spray anti serangga di toko serba ada terdekat. Biasanya spray ini bermacam-macam ukurannya. Mulai dari yang genggam, hingga yang porsi bulanan.

Dalam penggunaanya, kalian harus memperhatikan prosedur penggunaan barang. Prosedur pengguanaanya biasa tercantum di bagian belakang kemasan.

Disamping keampuhannya dalam mengusir serangga, spray anti serangga juga memiliki beberapa dampak buruk yang harus di waspadai. Seperti terhirup/tertelannya/mengenai mata cairan spray.

 

4. Cara Mengusir Laron Menutup Akses Keluar Masuknya Laron

cara mengusir laron

Jika cara-cara di atas sudah kalian coba lakukan, kalian juga bisa lakukan cara yang keempat ini untuk mempersempit peluang bagi serangga laron untuk datang ke rumah anda.

Caranya menutup akses keluar masuknya laron sangantlah mudah. Seperti mempersempit lubang ventilasi. Segera kembali menutup pintu dan jendela. dan kegiatan-kegiatan sepele lainnya. Sehingga tidak ada lagi lron kecil yang masuk ke dalam rumah.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa basmi sarang laron. Biasanya laron memiliki sarang di keroposan lemari atau di lubang tanah. Dan perlu kalian ketahui, sarang laron adalah sarang rayap.

Setelah kalian cari dan temukan sarang-sarang mereka. Kalian bisa llangsung

Kalian tinggal basmi semua dari mereka dan bersihkan segala sarang yang menempel dan terlihat.

Setelah kalian basmi serangga-serangga tersebut dan sarang-sarangnya, jangan lupa untuk pastikan tidak ada lagi laron yang masih hidup.

 

5. Memanggil Jasa Pembasmi Laron

Anda telah melakukan segala cara di atas? Namun mereka tetap saja tidak mau pergi dari rumah atau kediaman anda? Atau mungkin kalian tidak sempat atau sibuk sehingga tidak ada waktu untuk memperhatikan serangga-serangga pengganggu tersebut?

Saatnya untuk memanfaatkan jasa pembasmi serangga. Jasa ini bisa anda dapatkan di google, dan jumlahnya sangatlah banyak.

Jangan lupa untuk memilih jasa terdekat serta dengan harga yang tidak menguras dompet alias murah dan masuk akal.

Jasa pembasmi serangga tidak hanya akan mengusir serangga dari rumah kalian. Mereka juga akan membasmi serangga hingga tuntas sampai kesudut-sudut ruangan sekalipun.

 

6. Cara Mengusir Laron Menggunakan Lampu LED anti Laron

Lampu Anti Serangga

Tidak harus mematikan lampu lagi. Dengan menggunakan lampu anti laron saja, laron pasti akan mati.

Lampu led anti serangga adalah lampu yang menggunakan/memanfaatkan cahaya ultra violet.

Cara kerjanya, ketika lampu anti serangga ini dinyalakan, maka serangga akan hinggap dan mengelilingi lampu tersebut. Karena suhu yang tinggi (panas) dan radiasi dari cahaya ultra violet ini, serangga pada mati ditempat.

Lampu ini juga dapat anda jumpai di toko-toko online dengan harga yang sangat murah.

 

Penutup

Telah usai pembahasan kita mengenai cara mengusir laron.

Dari beberapa cara  di atas, mana yang paling menarik dan akan kalian coba? Kalau perlu, kalian bisa lakukan semua cara di atas, agar semakin mantap. Pastinya, laron akan pantang dan harus berfikir dua kali untuk datang kembali lagi.

Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk baca artikel bermanfaat lainnya di tataotak.com

Tinggalkan komentar