cara mengusir kecoa

Selamat datang di halaman tataotak. Seperti yang telah kalian lihat pada judul di atas. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara mengusir kecoa/ cara membasmi kecoa dengan cara terampuh.

Dimana pada kesempatan sebelumnya juga telah kami bahas mengenai cara mengusir tikus dan cara mengusir nyamuk.

Kecoa adalah salah satu hewan dari kalangan serangga yang menjijikkan. Bahkan hampir semua orang tidak menyukai kehadiran hewan ini di rumah.

Apalagi kalau serangga ini terbang ke arah kita. Tentu sangat mengerikan dan menakutkan bagi beberapa orang.

Selain menakutkan dan menjijikkan, hewan ini juga mengandung banyak kuman yang tersebar tubuh kecoak. Tentu hewan ini bisa saja membahayakan kesehatan keluarga dan seluruh penghuni rumah.

Pastinya hewan ini harus diusir dari rumah dan lingkungan kita. Lantas, apa yang langkah efektif yang harus kita lakukan? Bagaimana cara membasmi dan mengusir tuntas hewan ini?

Jangan pukul kecoak yang ada di hadapan kalian. Karena bisa saja bakteri dan cacing pita yang terdapat pada badan kecoa itu malah menyebar dan membahayakan ke area sekitarnya.

Berikut adalah beberapa cara efektif mengusir kecoa dari rumah (kamar mandi, lemari, kamar tidur, di dapur, sumur) dan di mobil. Baca sampai selesai!

1. Jeruk Lemon

Jeruk lemon photography

Jeruk lemon adalah buah yang sangat mudah didapatkan serta memiliki banyak fungsi dan manfaat.

Selain biasa digunakan untuk minuman, menghilangkan lemak pada perabotan dapur, dan memutihkan gigi. Ternyata lemon juga dapat digunakan sebagai pengusir kecoa.

Bagaimana bisa? bagaimana caranya?

Pertama, siapkan beberapa buah jeruk lemon. Kemudian peras dan kumpulkan perasan dari beberapa jeruk lemon yang telah kalian siapkan.

Kemudian, campurkan perasan jeruk lemon tadi dengan air. Gunakan campuran ini untuk mengepel lantai.

Dengan begitu, kecoa yang tidak menyukai aroma lemon tidak akan berkeliaran. Selain itu, menjaga kebersihan adalah salah satu cara untuk mencegah kedatangan kecoa.

 

2. Cara Mengusir Kecoa Menggunakan Mentimun


Timun photography

Dimulai dari cara yang paling sederhana dan dengan bahan yang sangat sering dijumpai dan sangat mudah didapatkan. Kali ini, kita akan gunakan Timun /Ketimun/ Mentimun.

Buah yang sering diaggap sebagai sayuran ini ternyata dapat mengusir serangga menjijikkan seperti kecoa dengan efektif. Bagaimana caranya pembuatannya? Bagaimana cara kerjanya?

Pertama, kalian bisa sediakan beberapa wadah kaleng bekas serta potongan Timun. Kemudian, kalian bisa letakkan beberapa potongan timun di wadah kaleng berkas yang telah kalian siapkan tadi.

Letakkan jebakan yang baru saja kalian buat tadi di tempat yang sering dilewati oleh kecoa.

Dengan begitu, kecoa yang datang akan hinggap di kaleng tersebut dan akan teracuni oleh aroma dari timun yang bereaksi dengan wadah keleng bekas tadi. Kecoa yang teracuni oleh aroma timuntadi akan mati.

Kalian bisa buat beberapa perangkap seperti ini untuk diletakkan di beberapa area rumah anda.

 

3. Daun Mimba

Daun Mimba

Daun yang pertama kali ditemukan di dataran india ini, ternyata memiliki sangat banyak manfaat. Bukan berarti pertama kali ditemukan di india kemudian tidak ada tanaman ini di Indonesia.

Di indonesia, tanaman ini juga banyak tumbuh pulau jawa hingga madura (di tepi jalan, tempat kering dan hutan terang) dengan ketinggian dataran hingga 300 MDPl.

Selain biasa digunakan sebagai pestisida dan obat alami (herbal) beberapa penyakit berat, daun ini juga efektif digunakan untuk mengusir kecoa lho teman-teman.

Bagaimana bisa?

Hal ini dapat terjadi karena kandungan zat berbahaya yang terkandung pada daun mimba.

Bagaimana cara menggunakannya? Kalian cukup rebus daun mimba hingga mendidih. Kemudian, gunakan rebusan air mimba tadi untuk disemprotkan di area sekitar sarang kecoa, atau biasa kecoa tempati dan lewati.

 

Bubuk Kopi

kopi bubuk photography

Buat kalian yang suka ngopi nih, terutama yang biasa bikin kopi sendiri di rumah. Selain dapat dijadikan minuman yang sangat nikmat, kopi juga bisa digunakan untuk mengusir kecoa lho..

Namun perlu diperhatikan, bahwa kopi yang digunakan adalah bubuk kopi yang murni (tidak ada campuran gula atau krimer). Kalian bisa dapatkan ini di toko-toko sembako.

Caranya sangat mudah, kalian tinggal taburkan bubuk kopi ini di tempat-tempat yang biasa kecoa tinggali.

Dengan begitu, kecoa akan selalu menghindari area yang terdapat bubuk kopi disana. Dikarenakan aroma dari bubuk kopi yang sangat tidak disukai kecoa. Cara ini makin ampuh jika kalian gunakan kopi yang sangat pekat dan segar aromanya.

 

Daun Salam

Daun salam photography

Tidak beda jauh dengan cara yang pertama, kali ini kita memanfaatkan aroma dari daun salam. Selain biasa digunakan untuk beberapa campuran masakan daerah, ternyata daun salam juga memiliki manfaat lainnya, yaitu dapat mengusir kecoa.

Hal ini dapat dilakukan karena aroma daun salam yang pekat dan khas tidaklah disukai kecoak. Jadi, kalian bisa gunakan salah satu rempah ini untuk mengusir kecoa dari rumah kalian.

Kalian cukup siapkan beberapa lembar daun salam yang sudah kering. Kemudian remukkan hingga menjadi bagian-bagian kecil. Kemudian taburkan di area-area yang sering didatangi kecoa.

 

Catnip

Catnip Photography

Catnip tau tanaman yang dikenal juga sebagai ganjanya kucing ini adalah salah satu tanaman yang memiliki zat berbahaya bagi serangga.

Tidak jauh beda dengan metode menggunakan daun mimba, kalian bisa rebus beberapa helai daun catnip. Kemudian, gunakan air rebusan daun catnip untuk disemprotkan ke sarang kecoa.

Dengan begitu zat yang berbahaya bagi serangga tadi akan membuat kecoa mabuk hingga mati.

 

Minyak Esensial

Minyak esensial adalah atau minyak atsiri adalah ekstrak minyak yang didapat dari penyulingan begian tumbuhan pilihan, Entah itu daun, bunga, akar ataupun batang.

Minyak esensial juga memiliki aroma yang sangat harum, natural dan menyegarkan. Bahkan aroma ini juga dapat menyembuhkan penyakit ringan dan menghilangkan stress.

Selain itu, ternyata minyak esensial /atsiri juga dapat mengusir kecoa. Kalian bisa gunakan beberapa aroma minyak esensial pilihan. Seperti tea tree, lavender, kayu putih, dan papermint.

Perlu kalian ketahui juga, bahwa kecoa memiliki penciuman yang tajam. Dengan menghadirkan aroma alami dari minyak esensial ini akan mengganggu penciuman kecoa.

Sehingga kecoa tidak akan menghampiri makanan, sekalipun makanan tersebut sangat beraroma. Jadi, pastikan kalian gunakan aroma ini di dapur dan di ruang makan rumah kalian.

Gunakan diffuser untuk menebarkan aroma minyak esensial ini lenbih hemat dan efektif.

 

Semprotan Anti Serangga

Cara mengusir laron dengan spray anti serangga

Kalau cara yang satu ini, kalian pasti sudah tau. Karena cara ini juga biasa digunakan untuk mengusir serangga kecil pengganggu lainnya. Seperti lalat, kecoa, dan nyamuk pastinya.

Kalian bisa dapatkan spray anti serangga di toko serba ada terdekat. Biasanya spray ini bermacam-macam ukurannya. Mulai dari yang genggam, hingga yang porsi bulanan.

Dalam penggunaanya, kalian harus memperhatikan prosedur penggunaan barang. Prosedur pengguanaanya biasa tercantum di bagian belakang kemasan.

Disamping keampuhannya dalam mengusir serangga, spray anti serangga juga memiliki beberapa dampak buruk yang harus di waspadai. Seperti terhirup/tertelannya/mengenai mata cairan spray.

 

Campuran Detergen dan Air

air sabun
123rf.com

Jika cara diatas mengguanakan bahan kimia hasil racikan pabrik. Kali ini, kalian bisa gunakan racikan kalian sendiri untuk mengusir kecoa dengan menggunakan detergen dan air sebagai insektisida.

Selain sering dijumpai, cara ini juga tidak membutuhkan biaya semahal menggunakan semprotan anti serangga seperti di atas alias murah.

Cukup campurkan detergen dengan air dan aduk hingga rata. Pastikan campuran yang kalian buat telah larut dan tercampur rata serta encer.

Kemudian, semprotkan cairan tersebut ke tempat yang sering dilalui kecoa. Seperti tempat sampah, pipa-pipa bekas, dan sekitar area pembuangan/ septic tank.

 

Campuran Gula dan Boraks

cara mengusir kecoa dengan boraks

Borax adalah zat yang berbahaya bagi serangga dan manusia. Apabila sampai dikonsumsi, tentu hal ini dapat menimbulkan efek yang berbahaya hingga kematian, terutama serangga.

Dengan fakta di atas, kita akan mencoba menjadikan gula sebagai umpan untuk memancing kedatangan kecoa.

Cara membuat racun kecoa dari gula dan boraks:

  1. Siapkan satu sendok gula dan 3 sendok boraks.
  2. Campurkan bahan tadi dalam wadah.
  3. Taburkan di sarang kecoa atau area yang sering dilewati kecoa.

Pastikan kalian gunakan wadah yang tidak terpakai lagi.. Karena wadah yang digunakan akan tercampur dengan racun yang sangat tidak disarankan untuk digunakan kembali.

Gunakan juga sarung tangan safety untuk melindungi kulit dari cairan berbahaya tadi.

Apabila kalian sulit untuk mendapatkan borax, kalian juga bisa gunakan soda kue, butiran silicia gel yang bersifat racun untuk kecoa.

 

Obat kumur

cara mengusir kecoa dengan obat kumur

Siapa sangka, ternyata obat kumur atau mouthwash dapat digunakan sebagai insektisida. Tentu hal ini sangat mempermudah apabila tidak tahu cara membuat insektisida terutama bagi kecoa.

Cara penggunaannya sangatlah mudah, kalian cukup gunakan obat kumur ini seperti insektisida biasanya.

Gunakan obat kumur yang telah kalian siapkan untuk disemprotkan ke kecoa atau area yang sering ditempati oleh hewan ini.

 

Memerangkap Kecoak Dengan Petroleum Jelly

cara mengusir kecoa dengan petroleum jelly
petroleum jelly

Petroleum jelly adalah salah satu kosmetik pelembab yang biasa digunakan untuk merawat kulit kering atau terkena luka bakar.

Selain digunakan untuk pelembab dan pereda luka bakar, petroleum jelly juga dapat digunakan untuk memerangkap kecoa.

Bagaimana caranya?

Kalian cukup siapkan Petroleum Jelly, gula dan karton bekas. Kemudian, oleskan sedikit petroleum jelly ke atas kertas. Taburkan sedikit gula guna memancing kehadiran kecoa.

Dengan begitu, kecoa akan tertarik dan mendatangi gula tersebut dan terperangkap dengan lekatnya petroleum jelly.

 

Memastikan Semua Area Kering

 

Tahukah kalian.. Bahwa kecoa adalah serangga yang menyukai tempat yang lembab dan basah. Seperti kamar mandi, westafel dan tempat lembab lainnya.

Oleh karena itu, selalu segera bersihkan dan keringkan tempat basah dengan lap atau pel kalian. Dengan menjaga rumah kita tetap kering adalah salah satu cara untuk mencegah kedatangan kecoa.

 

Cara Mengusir Kecoak Dengan Kapur Barus

cara mengusir kecoa dengan kapur barus
Kamper kapur barus

Pasti kalian semua kenal dengan benda yang satu ini kan. Selain manfaatnya sebagai pengharum lemari dan kamar mandi, kapur barus juga bisa digunakan untuk mengusir kecoa lho.

Hal ini disebabkan karena aroma dari kapur barus sendiri yang sangat tidak disukai serangga.

Kalian cukup letakkan beberapa butir kapur barus di tempat-tempat yang tidak ingin dihinggapi kecoa.

Nah, menggunakan kapur barus juga menjadi cara untuk mengusir kecoa di kamar mandi yang selalu basah dan menjadi tempat favorit kecoa.

 

Cara Mengusir Kecoa dengan Tanah Diatom

cara mengusir kecoa dengan tanah diatom

Tahukah kalian apa itu tanah diatom? Tanah diatom adalah tanah yang berasal dari batuan sedimen silika.

Bahan ini sangatlah ampuh dan efektif mengusir berbagai macam serangga. Mulai dari kutu hingga kecoa sekalipun.

Penggunaanya pun sangat mudah. Kalian cukup taburkan tanah diaton di area yang selalu ditempati kecoa.

Buat kalian yang kesulitan mencari tanah ini, kalian bisa dapatkan tanah diatom di toko online. Harganya hanya sekitar Rp 40.000,00 /100 gram dan dapat disimpan hingga 5 tahun.

 

Membuat Perangkap Kecoak dari Botol

Perangkap botol untuk serangga

Hampir sama dengan cara membasmi kecoa dengan menggunakan boraks. Kali ini kita akan mencoba memerangkap kecoa dengan menggunakan botol bekas.

Untuk membuat perangkap dari botol ini, kalian perlu siapkan beberapa bahan berikut:

  1. Botol bekas ukuran besar.
  2. Cutter, silet atau pisau.
  3. Boraks

Berikut langkah-langkahnya:

  • Potong botol menjadi dua bagian atas dan bawah.
  • Buka tutup botol dan masukkan bagian atas botol ke dalam bagian bawah botol seperti pada gambar.
  • Tambahkan lem atau perekat agar tidak ada celah yang terbuka kecuali dari tutup botol.
  • Masukkan boraks atau soda kue serta umpan kecoa.
  • Letakkan di tempat-tempat yang sering dilewati kecoa.

Dengan begitu, kecoa akan terpancing dengan adanya umpan dan masuk ke dalam botol. Ketika kecoa tadi telah masuk, maka kecoa tidak akan bisa keluar karena posisinya

yang sangat sulit dijangkau.

Boraks yang berada di dalam botol juga menjadi racun yang akan membunuh kecoa.

 

Melakukan Pencegahan

Selain melakukan berbagai cara untuk mengusir dan membasmi kecoa. Tentu, kita juga harus tahu bah=gaimana cara mencegah kedatangan kecoa ke rumah ataupun lingkungan kita.

Apa saja langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah kedatangan kecoa?

Menjaga Kebersihan Rumah

Rutin menjaga kebersihan rumah akan mencegah kedatangan kecoa. karena kecoa menyukai tempat yang kotor dan bau. seperti selokan, saptic tank, atau bahkan rumah kita apabila tidak terawat.

Bukan hanya kecoa. Dengan kalian membersihkan lingkungan rumah. Kita juga telah mencegah kedatangan hewan berbahaya lainnya, seperti tikus, dan lalat.

Rutin Membuang Sampah

Bayangkan jika sampah telah menumpuk dan tidak ada yang mau untuk membuangnya. Apa yang akan terjadi dengan tempat sampah itu? Pasti akan banyak dikelilingi lalat, belatung, tikus dan kecoa bukan?

Bukan hanya itu, keadaan seperti ini juga akan berpengaruh pada kebersihan rumah sekitarnya serta membahayakan kesehatan penduduk sekitar.

Jadi jangan bermalas malasan untuk membuang sampah ke tempat pembuangan akhir rutin setiap hari atau setiap dua hari.

Demi kebersihan, kesehatan dan kenyamanan bersama!