Kode AdSense Anda

Cara Mengusir Cicak Terampuh

Kembali lagi di halaman tataotak. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik serta tutorial/ cara ampuh untuk mengusir cicak/ membasmi cicak. di mana pada artikel sebelumnya telah kita bahas mengenai cara mengusir lalat, dan cara mengusir tikus.

Cicak atau cecak adalah salah satu hewan reptil yang mirip dengan tokek serta memiliki ciri-ciri berwarna coklat krem hingga putih. Di lingkungan kita. biasanya kita banyak dapati serta jumpai di dinding/ tembok dan langit-langit/ plafon rumah.

Dengan kehadiran hewan ini, lantai rumah menjadi kotor, bau akibat kotoran cicak, dan terganggu oleh suaranya. Apalagi kotorannya yang dapat jatuh di mana pun tempat yang tidak bisa kita duga. Seperti meja makan, kursi ruang tamu, kamar tidur dan lain-lain sehingga dapat menyebabkan penyakit dan rasa jengkel yang luar biasa.

Yang jadi permasalahan lagi, cicak di rumah kita tidaklah berjumlah sedikit alias banyak.

Tentu ini menjadi suatu permasalahan rumah yang harus segera diselesaikan. Entah dengan cara membasmi atau mengusir cicak-cicak tersebut.

Berikut beberapa tips dan tutorial mengusir / membasmi atau bahkan menangkap serta memerangkap cicak ala tataotak. Selamat membaca!

 

1. Cara Mengusir Cicak Menggunakan Cangkang Telur

Cangkang telur photography
pexels.com

Pada cara yang pertama ini, kita akan memanfaatkan salah satu limbah dapur yang sangat mudah untuk didapatkan dan sering kita jumpai. Yaitu dengan menggunakan cangkang telur.

Cangkang telur unggas memiliki aroma yang amis. Aroma yang amis ini sangatlah tidak disukai hewan melata seperti cicak ini.

Cara menggunakannya sangatlah mudah. Kalian tinggal menghaluskan/menumbuk kulit/ cangkang telur yang telah kalian siapkan. Haluskan cangkang tersebut hingga ,menjadi serpihan-serpihan kecil.

Setelah menjadi serpihan kecil, masukkan serpihan tersebut ke dalam kantong plastik yang telah di beri lubang. Letakkan plastik tersebut di dekat ventilasi rumah atau di tempat sekitar cicak biasa lewati.

 

2. Menggunakan Campuran Rempah-Rempah

cara mengusir cicak dengan bawang putih
pexels.com

Masih dengan memanfaatkan bumbu dapur. Kali ini, kita akan menggunakan salah satu bahan rempah-rempah yaitu merica, bawang merah, dan bawang putih sebagai salah satu cara mengusir cicak.

Selain harganya yang terjangkau dan banyak di jual di pasaran. Bawang putih, merica, dan bawang adalah bahan dapur yang sangat sering gunakan. Bahkan menjadi salah satu bumbu utama dari kebanyakan menu makanan.

Bau atau aroma yang dimiliki rempah-rempah ini sangatlah khas dan menyengat. dan Kali ini, kita akan memanfaatkan aroma dari ketiga rempah-rempah tersebut sebagai salah satu cara untuk mengusir cicak dari rumah kita.

Caranya sangatlah mudah. Pertama, kalian harus siapkan bahannya yaitu ketiga rempah tersebut. Kemudian, Haluskan ketiga rempah tadi hingga lembut. Campur ketiga bahan yang telah halus tadi dengan air putih dan aduk hingga tercampur rata.

Selamat! Racikan pengusir cicak sudah jadi.

Kalian dapat masukkan campuran (racikan) tadi ke dalam spray/ semprotan. Semprotkan cairan ini di tempat-tempat yang biasa ditempati atau dilewati cicak.

Selain aman dan tidak mengeluarkan banyak biaya, opsi ini juga menggunakan bahan alami yang pastinya juga mendukung kelestarian bumi.

 

3. Menggunakan Kapur Barus atau Kamper

Kapur Barus kemper Photography

DI cara yang ketiga ini, kita akan memanfaatkan salah satu bahan rumahan yang juga biasa kita sering jumpai. Yaitu kamper atau kapur barus.

Selain biasa digunakan sebagai pewangi lemari atau kamar mandi. Ternyata kapur barus juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pengusir cicak.

Bagaimana caranya? Pertama, kalian cukup meletakkan beberapa butir kapur barus di ventilasi rumah, di dekat meja makan, di mobil atau di tempat-tempat yang sering dilewati oleh hewan yang satu ini (cicak).

Dengan begitu, cicak akan terganggu oleh aroma menyengat yang dihasilkan oleh kapur barus dan cicak akan pergi menjauhi tempat tersebut.

Boleh dicoba nih. Praktis banget guys..

 

4. Menggunakan Tembakau

Tembakau rempah-rempah
pexels.com

Tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan rokok. Ternyata tembakau bisa menjadi solusi dan cara mengusir cicak dengan menggunakan bahan alami.

Caranya, kalian tinggal tinggal siapkan beberapa bahan berikut:

  • Tembakau
  • Plastik
  • Karet

Setelah semua bahan telah terkumpul dan siap untuk digunakan. Kalian bisa mulai salah satu cara mengusir lalat ini.

Masukkan tembakau ke dalam plastik yang telah disediakan tadi. Kemudian ikat dengan karet dan masukkan ke dalam plastik.

Setelah plastik terikat dengan karet. Lubangi plastik tersebut dengan lubang-lubang kecil yang banyak. Hal ini bertujuan agar aroma tembakau tetap keluar tanpa harus berantakan.

Dengan begitu tembakau yang memiliki aroma/ bau yang menyengat dan tidak disukai oleh cicak akan menjauhi tempat-tempat terdapat tembakau atau aromanya.

 

5. Menggunakan Larutan Detergen

cara mengusir cicak dengan detergen
pexels.com

Masih dengan memanfaatkan bahan-bahan rumahan. Kali ini, kita akan menggunakan sabun cuci pakaian atau detergen.

Ternyata detergen yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian, juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir cicak. Tapi, bagaimana bisa? Bagaimana caranya?

Caranya cukup simpel, kalian tinggal campur detergen dengan air. Setelah detergen larut ke dalam air dan tercampur dengan rata. Masukkan ke dalam spray.

Setelah itu, kalian tinggal gunakan spray tadi untuk disemprotkan langsung ke arah cicak yang sedang berkeliaran atau terlihat. Untuk hasil yang manjur, kalian bisa langsung semprotkan ke arah kepala cicak.

Dengan begitu, cairan detergen yang mengenai cicak akan menyebabkan cicak kepanasan hingga mabuk dan jatuh ke lantai.

Gunakan spray yang memiliki jarak semprot yang lumayan dan berkecepatan tinggi ya. Jangan malah gunakan spray untuk menyetrika baju. Nanti malah diketawain sama cicaknya.

 

6. Cara Mengusir Cicak Menggunakan Bulu Merak

bulu merak untuk mengusir cicak
pexels.com

Menggunakan bulu merak sebagai salah satu cara untuk mengusir cicak memang terdengar agak asing bahkan aneh. Namun siapa sangka, ternyata metode ini memang ampuh serta efektif dalam mengusir cicak. Lantas bagaimana cara kerjanya?

Kalian tinggal letakkan beberapa bulu merak di tempat yang sering dilewati atau ditempati oleh cicak. Dengan begitu, para cicak akan selalu ketakutan ketika melihat bulu merak tadi.

Hal ini terjadi karena para cicak mengira bahwa bulu merak tersebut adalah mata predator yang sedang mengintai dan hendak memangsa mereka.

Untuk cara mendapatkannya memang agak sulit. Namun, kalian bisa jumpai di toko-toko online dengan harga yang sangat yang sangat murah (terjangkau) dan masuk akal.

 

7. Menggunakan Spray Anti Nyamuk/ Serangga

Cara mengusir laron dengan spray anti serangga

Tidak ingin repot atau tidak ada waktu untuk meracik campuran pengusir cicak? Kalian bisa gunakan obat nyamuk semprot yang kalian miliki.

Namun pertanyaannya, apakah obat nyamuk semprot seperti Baygon akan berpengaruh terhadap keberlangsungan hewan ini? Apakah cicak mati dengan Baygon? Apakah bisa membunuh cicak dengan Baygon?

Jawabannya adalah iya. Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, cairan obat nyamuk seprot seperti Baygon yang dihirup oleh cicak akan membuat cicak tersebut mabuk dan jatuh ke lantai. Bahkan cicak yang baru mencium aromanya akan pergi menjauh.

Hal ini terjadi karena zat kimia berbahaya yang terkandung pada obat nyamuk cair tersebut. Jadi, kalian juga harus sediakan masker dan mengosongkan ruangan terlebih dahulu sebelum menyemprotkan obat nyamuk tadi.

 

8. Usir Serangga

nyamuk photography
pexels.com

Selain mencari cara mengusir hewan yang kita maksud, kita juga harus mengerti akan sebab kedatangan hewan-hewan tersebut di rumah kita.

Salah satu faktor yang menjadikan cicak datang ke rumah kita adalah banyaknya serangga yang menjadi makanan para cicak.

Dengan begitu, mengusir serangga menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan cicak. Biasanya, serangga yang sering menjadi mangsa bagi cicak adalah lalat, nyamuk, dan laron.

 

9. Menggunakan Karet Gelang dan Air Soft Gun

cara mengusir nyamuk dengan karet gelang
airsoft gun

Mungkin dengan adanya cicak yang begitu tidak terjangkau sering kali membuat kita jengkel dan marah. Salah satu cara untuk meluapkan kejengkelan ini adalah dengan menggunakan karet gelang.

Sebelum mencoba untuk menembak, cobalah untuk melatih untuk mengakuratkan tembakan yang kalian luncurkan. Dengan adanya power dan akurasi tinggi akan memperbesar kemungkinan untuk mengenaai target.

Agar lebih greget dan bertenaga, kalian bisa gunakan air soft gun (mainan anak-anak).

Biasanya, tembakan pertama yang langsung mengenai target akan memberikan kepuasan dan kelegaan tersendiri. Apabila target telah jatuh ke lantai, kalian bisa segera membunuhnya atau/ dan membuangnya ke luar.

Kalian bisa dapatkan air soft gun / tembakan plastik (mainan anak) ini di toko mainan atau di toko online untuk bentuk dan kekuatan yang lebih ganas dan mematikan.

 

10. Menutup Akses Masuk Cicak

penutup ventilasi

Apabila cara-cara di atas telah kalian lakukan dan cicak sudah tidak lagi terlihat. Hal selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah dengan mencegahnya untuk datang kembali.

Salah satu pencegahannya adalah dengan menutup atau memblokir akses masuk cicak. Cara yang dapat kalian sebagai pencegahan adalah dengan memperkecil lubang ventilasi. Kalian juga bisa gunakan jaring-jaring agar tidak ada serangga dan cicak yang masuk ke dalam rumah kalian.

Dengan begitu tentu cicak akan tetap berada di luar dan kesulitan untuk masuk ke dalam rumah.

 

11. Memperhatikan Penempatan Makanan

Salah satu bentuk pencegahan lainnya adalah dengan memperhatikan penempatan makanan. Karena tak jarang juga, cicak menyelinap ke meja makan dan menyentuh makanan kita.

Pastikan anda menempatkan makanan di tempat yang tertutup. Seperti pada lemari es/ kulkas atau lemari makanan. Kalaupun kalian letakkan di atas meja, tutuplah dengan kurungan makanan atau tutup dengan kertas yang diikat dengan karet sehingga tertutup dengan rapat.

 

12. Memelihara Pemangsa/Predator Cicak

cara mengusir cicak dengan predator peliharaan
pexels.com

Selain memasang dan menggunakan perangkap cicak untuk menangkap cicak, kalian juga bisa gunakan beberapa hewan peliharaan yang sekaligus mereka adalah para predator dari cicak.

Kucing adalah salah satunya. Meskipun biasanya lebih suka bermalas-malasan, ternyata kucing sangat agresif, aktif bahkan bisa kaget ketika melihat sesuatu yang bergerak secara tiba-tiba. Seperti kecoa, belalang, dan cicak.

Maka dari itu, cicak juga bisa menjadi salah satu cara diantara banyak cara untuk menangkap atau membasmi cicak.

Namun, hal ini biasanya hanya terjadi pada kucing yang lapar, kucing liar atau kucing yang sudah terbiasa mengonsumsi hewan-hewan kecil seperti tadi contohnya.

Kalian juga bisa gunakan hewan-hewan selain kucing yang dapat mengancam keberlangsungan cicak. Seperti Iguana dan predator cicak lainnya.

 

13. Cara Mengusir Cicak dengan Menggunakan AC

Air Conditioner

Jika kalian mempunyai AC (Air Conditioning) di rumah kalian, tentu sudah jarang lagi terlihat hewan ini bukan. Nah, pertanyaannya, kenapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini bisa terjadi karena cicak adalah hewan yang tidak menyukai suhu dingin alias hewan berdarah panas. Cara ini juga cocok untuk kalian yang tinggal di daerah yang bercuaca kemarau atau bersuhu tinggi.

Namun, disamping kefektifitasannya dalam mengusir cicak. Cara ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari pembelian, pemasangan, serta biaya untuk listriknya.

Maka dari itu, jika kalian belum mempunyai uang yang berlebih, kalian bisa gunakan cara cara yang hanya membutuhkan biaya murah dan tidak menguras dompet.

 

14. Menjaga Kebersihan Lingkungan

cara mengusir cicak dengan menjaga kebersihan
pexels.com

Seringkali tidak terduga, dengan lingkungan yang kotor dan bekas makanan yang tercecer dapat mengundang kedatangan hewan-hewan pengganggu.

Seperti yang kita ketahui, bahwasannya cicak adalah hewan yang biasa berusaha untuk meraih makanan manusia.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, maka kita juga telah mencegah kedatangan serangga dan hewan-hewan pengganggu lainnya. Jangan lupa untuk selalu bersihkan tempat makan setelah kalian makan.

Selain itu, kalian juga harus selalu bersihkan area-area yang biasa menjadi tempat persembunyian cicak. Seperti dibalik meja, di kolong meja, dan bagian atas meja pastinya.

 

15. Menggunakan Jasa Pembasmi Cicak

Kalian sudah melakukan semua cara di atas? Namun tetap tidak mempan? Atau kalian tidak sempat dan tidak ada waktu untuk mengurus hewan pengganggu tersebut?

Saatnya untuk memanggil jasa pembasmi cicak. Jasa ini dapat anda dapatkan banyak di internet. Sangat banyak dan harga yang masuk akal.

Dengan memanggil jasa pembasmi cicak, cicak tidak hanya diusir dari rumah kita, melainkan membasmi dan membantai para hewan tersebut dengan tuntas hingga ke sudut-sudut ruangan sekalipun.

 

16. Cara Mengusir Cicak dalam Islam

Dalam Islam, mengusir cicak adalah hal yang dianjurkan. Bahkan disunnahkan untuk membunuh hewan tersebut. Hal ini didasarkan dari beberapa hadits berikut:

Hadits pertama tentang cicak

Dari Sahabat Sa’ad bin Abi Waqqash RA beliau mengatakan :

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- أَمَرَ بِقَتْلِ الْوَزَغِ وَسَمَّاهُ فُوَيْسِقًا.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh tokek, beliau menyebut hewan ini dengan hewan yang fasik” HR. Muslim.

 

Hadits kedua tentang cicak

dan hadits berikut:

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Bahwasannya Rasulullah SAW bersabda

مَنْ قَتَلَ وَزَغًا فِى أَوَّلِ ضَرْبَةٍ كُتِبَتْ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ وَفِى الثَّانِيَةِ دُونَ ذَلِكَ وَفِى الثَّالِثَةِ دُونَ ذَلِكَ

“Barang siapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan, dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua.” HR. Muslim.

 

Itu tadi adalah beberapa hadits yang menjelaskan tentang anjuran untuk membunuh cicak (terutama dalam sekali pukulan). Jadi, kalian tidak perlu lagi takut ketika membunuh cicak. Selagi kalian tidak bermaksud untuk menyiksa cicak, maka Insya Allah tidak dicatat sebagai dosa.

Wallahu a’lam.

Satu pemikiran pada “Cara Mengusir Cicak Terampuh”

Tinggalkan komentar