Kode AdSense Anda

√6 Jenis Rumput Hias Untuk Taman

Taman tanpa rumput? bukankah itu suatu kekurangan? Namun jenis rumput hias untuk taman mana yang harus dipilih? Manakah rumput yang indah, mudah didapat, terjangkau dan mudah dalam perawatannya? Jadi, berikut akan kami bahas jenis-jenis / macam macam rumput hias untuk taman. Let’s check it out.

Berikut adalah beberapa macam / jenis rumput hias menurut tataotak. Kira-kira kalian suka yang mana?

 

1. Rumput Jepang

 

Saat pertama kali kita mendengar rumput jepang, kita mungkin ingin bertanya. Apakah rumput ini berasal dari jepang? kemudian kenapa diberi nama rumput jepang?

Meskipun nama rumput ini adalah jepang, ternyata rumput ini bukan berasal dari negara jepang. Nama tersebut dipakai karena kebiasaan orang indonesia yang suka memberi nama berdasarkan sesuatu yang mudah diingat.

Rumput ini memiliki bentuk meruncing, kurus dan tipis sehingga terasa agak menusuk jika diduduki. Walaupun begitu, tanaman ini tumbuh rapat dan rapi. Karena bentuknya yang rapat itulah rumput ini terlihat indah. Sehingga banyak orang memilih rumput ini sebagai rumput penghias taman.

Bibit rumput ini tersedia di toko online. Selain membeli dalam bentuk bibit, kalian juga dapat membelinya dalam bentuk bongkahan yang dijual per meter.

Perawatan rumput ini juga diperlukan. Seperti penyiraman di pagi dan sore hari, pemupukan, penyiangan (untuk menghindari serangga dan hama) tanpa pestisida, dan pemangkasan (tiap 3 bulan).

Perawatan tersebut akan membuat rumput tersebut akan tetap hijau dan subur. jadi sempatkan waktu untuk merawat rumput jepang. Terutama di bagian penyiraman dan pemangkasan. Dengan begitu rumput akan tetap segar dan hijau).

 

2. Rumput Gajah Mini Varigata

 

Rumput gajah mini varigata adalah salah satu jenis rumput hias. Bentuk rumput ini sama dengan rumput gajah mini pada umumnya. Hanya saja, rumput gajah mini varigata memiliki corak garis yang berwarna hijau dan putih. Itulah yang membuat rumput ini menjadi begitu indah dan cocok untuk dijadikan sebagai rumput penghias taman.

Berbeda dengan rumput jepang, daun rumput gajah mini varigata berbentuk agak melengkung dan melebar. Sehingga tidak terkesan runcing dan nyaman tempat duduk.

Dalam perawatannya, kalian hanya perlu melakukan penyiraman dua kali sehari. Yaitu pada pagi dan sore hari. Adpun pemupukan dapat dilakukan sebulan-dua bulan sekali.

Kalian juga dapat melakukan peremajaan rumput apabila rumput telah kuning mengering. Caranya dengan memotong seluruh rumput hingga menyisakan sedikit batangnya. Dengan begitu pada saat daunnya tumbuh, akan berwarna hijau segar kembali.

Cara Mengusir Semut

 

3. Rumput Swiss

 

Pernah tahu Rumput Swiss? Rumput swiss adalah salah satu rumput hias yang memiliki tekstur paling halus di antara jenis rumput lainnya. Dengan warnanya hijau cerah rumput ini juga menjadikan taman menjadi lebih asri dan indah.

Kalian dapat membeli benih atau biji rumput swiss di toko tanaman atau di toko online.

Dibalik keindahan dan tekstur rumput yang sangat bagus, juga terdapat kekurangannya. Rumput ini sangat butuh cahaya matahari. Jadi, pastikan kalian menanam rumput ini di tempat yang terbuka dan tidak lembab.

Selain pencahayaan, kalian juga dapat melakukan pemangkasan minimal satu bulan sekali. Gunakan juga pupuk urea untuk menjaga rumput sebagai nutrisi tambahan untuk rumput agar tetap subur.

 

4. Rumput Manila

 

Rumput Manila (Zoysia Matrela) adalah salah satu jenis rumput hias. Rumput ini pun tergolong berkualitas tinggi.

Warnanya yang hijau dan elstisitas menjadikan rumput ini kuat dan tahan pijakan kaki manusia. Tidak heran rumput ini juga biasa digunakan sebagai rumput lapangan sepak bola.

Nah, bagi kalian yang punya budget extra, jenis rumput manila ini bisa menjadi pertimbangan untuk rumput taman atau pekarangan impian kalian.

 

5. Rumput Peking

 

Memiliki ciri-ciri yang menyerupai rumput jepang namun rumput ini bukanlah rumput jepang. Rumput peking umumnya tampil runcing, kurus dan rapi.

Walaupun mirip dengan rumput jepang, rumput ini tumbuh lebih jarang dibandingkan dengan rumput jepang.

Pemangkasan adalah salah satu perawatan yang harus diperhatikan. Karena, apabila tumput ini tidak dipotong dalam jangka waktu lama. Rumput ini akan menjadi lebat dan bagian bawahnya menguning akibat tidak terkena sinar matahari.

Rumput ini biasa ditanam di area-area yang tidak dilalui pejalan kaki.

Cara Mengusir Ular Terampuh dan Efektif

6. Rumput Golf

 

Sesuai namanya, rumput ini biasa digunakan untuk lapangan golf. Budidaya rumput ini pun kian marak sehingga sekarang banyak yang menggunakan rumput golf sebagai rumput taman atau pekarangan rumah.

Selain warnanya yang hijau segar, bentuknya yang tumbuh vertikal membuat kalian mudah untuk memangkasnya. Hanya saja kalian perlu berhati-hati saat merawat rumput ini agar senantiasa tumbuh subur.

Itulah tadi jenis- jenis rumput hias untuk taman. Menurut kalian mana yang paling cocok untuk dijadikan penghias taman dan pekarangan rumah anda?

Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar